Penerapan Teknik Kursi Kosong untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAN 1 Kota Ternate

Andi Agustan Arifin, Dewi Mufidatul Ummah, Fatoni Achmad, Rita Puspita

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri pada siswa dan mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan teknik kursi kosong terhadap peningkatan kepercayaan diri pada siswa MAN 1 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design). Subjek penelitian sebanyak 60 siswa pada kelas XI MAN 1 Kota Ternate. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen siswa kelas XI MAN 1 Ternate sebelum diberikan teknik kursi kosong berada pada kategori rendah, setelah diberikan perlakuan, tingkat kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol tingkat kepercayaan diri siswa pada saat pretest dan posttest berada pada kategori rendah (2) Terdapat pengaruh kepercayaan diri siswa yang diberikan teknik kursi kosong dengan siswa yang tidak diberikan teknik kursi kosong.

Kata Kunci: kepercayaan diri, teknik kursi kosong


ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the level of students’ self-confidence and to find out whether there was an effect of using the empty chair technique on increasing self-confidence in students of MAN 1 Ternate. This research used an experimental approach. The design used in this study was a simple experimental design (Posttest Only Control Group Design). The research subjects were 60 students of XI grade in MAN 1 Ternate. Collecting data used questionnaires and observations. Data analysis used descriptive and inferential analysis.
The results showed that: (1) The level of self-confidence of students in the experimental group of class XI students of MAN 1 Ternate before being applied the empty chair technique was in the low category, after giving treatment, the level of student confidence increased, namely in the high category. Meanwhile, in the control group, the students' self-confidence at the pretest and posttest were in the low category. (2) There was an influence of students' self-confidence who were given the empty chair technique with students who were not given the empty chair technique.

Key Word: self confidence, empty chair technique


Full Text:

PDF

References


Aldina, F. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Empty Chair dan Self talk Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Edukasi Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–16.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Dyastuti, S. (2012). Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying Melalui Pendekatan Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 1(1).

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Cetakan I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, K., Awalya, A., Nusantoro, E., & ... (2019). Peningkatan Pelayanan BK di SD Melalui Teknik Empty Chair Bagi Guru SD KKG Gugus Pandanaran UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Tengah. Muria Jurnal Layanan …, 1(1), 1–9. https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/mjlm/article/view/3106

Kusumawati, E. (2019). Teknik empty chair untuk mengurangi ketidakmampuan menjaga hubungan pertemanan dalam antisocial personality disorder pada mahasiswa. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 49–55.

Muniroh, S., Asrosi, & Luhur, W. (2018). Pengaruh kepercayaan diri terhadap interaksi sosial siswa kelas x smk swasta panca bhakti kubu raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–10.

Ratna, L. (2013). Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama CV.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriadi,Ketut Suarni, N. (2014). Efektivitas Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Menghadapi Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.

Suryaman, N. T., & Karneli, Y. (2020). Studi kasus : Konseling teknik empty chair dan reframing dalam mengatasi masalah kedukaan dan unfinished business. TERAPUTIK Jurnall Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.26539/teraputik-42420

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5, 1–16. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243

Wardhani. (2018). Penerapan Teori Konseling Analisis Transaksional Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meminimalisir Perilaku Membolos Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan., 05(03), 27–39.

Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/173

Yusuf, S. (2001). Program Bimbingan & Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i2.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.