Self Control Siswa dalam Meningkatkan Mutu Belajar oleh Guru Bimbingan Konseling di Kabupaten Batu Bara
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pemahaman guru BK terhadap self control dan pelaksanaan bimbingan konseling dalam meningkatkan mutu belajar pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Al-Washliyah Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan tehknik triangulasi dan subjek adalah guru Bimbingan Konseling. Temuan yang diperoleh tentang pemahaman guru bimbingan konseling mengenai self control baik, sesuai dengan aspek yang dikemukakan oleh teori Averill dan praktik pelaksanaan Bimbingan Konseling di MAS Al-Washliyah Tanjung Tiram dalam meningkatkan self control siswa menggunakan teknis model bimbingan konseling konvensional secara islami, yaitu memberikan jenis layanan, proses, dan tindakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik baik secara per-individu maupun kelompok. Mengenai siswa dalam berperilaku, normal layaknya siswa pada umumnya. Fungsi BK dalam hal ini dapat menimbulkan kesadaran diri hingga menyebabkan peserta didik dapat menerima kondisinya dengan baik dan menjadikan Rabb-Nya sebagai sandaran saat timbulnya masalah. Perhatian orang tua dan motivasi konselor sekolah juga berpengaruh terhadap sikap siswa dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Pelaksanaan bimbingan konseling merupakan hasil kolaborasi antara bimbingan konseling konvensional dengan islami. Konselor mampu melayani siswa/i untuk meningkatkan kontrol diri mengenai nilai dalam Islam hingga menjadikan mutu belajar pada siswa dapat berkembang sesuai harapan.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling; Kesadaran Diri; Siswa Aktif.
ABSTRACT
The purpose of this study was to explain and analyze the understanding of counseling teachers on self-control and the implementation of counseling in improving the quality of learning in students. This research was conducted at MAS Al-Washliyah Tanjung Tiram Batu Bara Regency. The method used is a qualitative method with triangulation techniques and the main subject is the Counseling Guidance teacher. The findings obtained about the understanding of counseling guidance teachers regarding self-control are good, in accordance with the aspects put forward by Averill’s theory and the practice of implementing Counseling at MAS Al-Washliyah Tanjung Tiram in improving student self-control using conventional conventional Islamic counseling guidance models, namely providing types services, processes, and actions according to the needs of students, both individually and in groups. Regarding students’ behavior, normal like students in general. The function of BK in this case can lead to self-awareness (self control) so that students can accept their conditions well and make their Rabb a back when problems arise. In addition, the attention of parents and the motivation of school counselors also affects students’ attituudents’ attitudes in learning, both at school and atdes in learning, both at school and at home. Thus the implementation of counseling guidance at MAS Al-Washliyah Tanjung Tiram, Batu Bara Regency is the result of a collaboration between conventional counseling guidance and Islam. This makes the counselor able to serve students and female students to increase self-control regarding values in Islam so that the quality of learning in students can develop as expected.
Keywords: Counseling Guidance; Self Control; Active Students.
Full Text:
PDFReferences
Alquran (Softwere Quran Hadis)
Al-Attas, Syed, M. N. (1996). Konsep Pendidikan dalam Islam, Terj. Dari The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education oleh Haidar Bagir, Bandung: Mizan, cet. Ke-7.
Abdurrahman. (2019). Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing.
Arifin, M. dan Etty Kartika. (1995). Materi Pokok Bimbingan Konseling, Jakarta: Departemen Agama Islam.
Amamiyatul, Amali. (2019) . “Terapi realitas untuk mengendalikan self control pada seorang remaja yang melakukan bullying di Desa Bendet Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang” Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel.
Amin, Samsul Munir. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah.
Andersen, Kenneth E. (2004) . “Introduction to Communication Theory and Practice,” dalam Jalaluddin Rahmat, et.al. (ed.), Psikologi komunikasi, Philippines: Cumming Publ Company.
Baharuddin. (2004). Paradigma Psikologi Islam: Studi tentang Elemen Psikologi dari Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumeister, Roy F. (2012) . ”The Strenght Model of Self Control”, Science: Current Direction in Psichological.
Bastaman, Hanna Djumhana. (2011). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, Jhon W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. 3.
Dahlani, Ifdil. (2008). Sejarah Bimbingan Konseling dan Lahirnya BK 17 Plus, Abkn: konseling Indonesia,
Damayanti, Nur & Asmidar Ilyas, (2018) . Self-Control Profile Students in Implementing Discipline in School, Padang: UNP JPGI.
Faqih, Aunur Rahim. (2001). “Bimbingan dan Konseling dalam Islam”, Yogyakarta: UII Press.
Fiana, F. J., Daharnis, D. & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 2 (3), Padang: FIP UNP.
Ghufron. (2010). Teori-teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kartono dan Dali G. (1987). Kamus Psikologi, Bandung: Pionir Jaya.
Langgulung, Hasan. (2002). Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Lubis. Lahmudin. (2007). Bimbingan Konseling Islami, Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Lubis, Saiful A. (2011) . Konseling Islami dan Kesehatan Mental, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
., (2015) . Konseling Islami dalam Komunitas Pesantren, Bandung: Ciptapustaka Media.
Mubarok, A. (2000) . Al-Irsyad An-Nafsy: Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta: Bina Rena Pariwara.
Muhid, A. “Hubungan Antara Self Control dan Self efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa fakultas dakwah iain sunan ampel surabaya,” dalam Jurnal Ilmu Dakwah, vol. XVIII.
Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Jakarta: Rajawali Pers.
Nirwana, Herman. (2017) . implementasi permendikbud no. 111 tahun 2014 dan profesionalitas guru BK, dalam Bimbingan dan Konseling: Perspektif Alquran dan Sains, Medan: Perdana Publishing.
Pribadi, Harlina. (2007). Mencegah dan Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba (Pedoman Bagi Orang Tua, Guru, Penyuluh Masyarakat), Jakarta: Cakra Media.
Prayitno. (2009) . Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
Sarbaini. (2012). “Pengembangan Model Pembinaan Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Norma Ketertiban Sebagai Upaya Menyiapkan Warga Negara Demokratis di Sekolah”, Tesis, UPI.
Setyawan, Muhammad Sholeh. (2019) . “Sang Penakhluk,” dalam Muhammad Al-Fatih, et.al., Nilai-nilai pendidikan Akhlak dan Relevansinya terhadap Pendidikan Kepemimpinan Pemuda Islam, Mudarrisa: IAIN Salatiga.
Sriyanti, “Pembentukan Self Control dalam Persfektif Nilai Multikultural,” Jurnal Kajian Pendidikan Islam, vol. IV.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cet. 8, Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi. (2008) . Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, dkk,. (2017) . Bimbingan & Konseling (Perspektif Alquran dan Sains), Medan: Perdana Publishing.
Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing.
Widjaja, A. “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif pada Remaja Awal,” dalam Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi Pronesis, vol. 9, No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v6i1.1599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.