Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Yari Dwikurnaningsih, Sapto Irawan, Maria Puspa Dewi

Abstract


Belanja online saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat dari semua kalangan. Generasi muda saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menjelajahi dunia maya dimana mereka suka mencoba hal baru termasuk belanja online. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan para online shop membuat mahasiswa tertarik dan senang berbelanja online sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh media online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif. Subjek penelitian ini  yaitu mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UKSW. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis inferensial. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan bersadarkam teori dari normasari dan Sumartono. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung sebesar = 5,913 dengan tingkat signifikansi 0,05 dan dk (derajat kebebasan) n-2 yaitu 127 – 2 = 125 dengan menggunakan uji dua pihak sehingga nilai T tabel = 1,653, karena nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,913>1,980) maka dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media online shop pada instagram sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa BK UKSW.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v4i2.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.