ASESMEN KEBUTUHAN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA
Abstract
Asesmen kebutuhan siswa adalah dasar perencanaan program bimbingan konseling. Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (RPLBK), bertujuan menjadi panduan bagi guru BK dalam memberikan layanan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian empiris dengan wawancara terhadap 6 guru BK dan 2 kepala sekolah di SMA Marsudirini Jakarta Timur dan SMA Bhaktyarsa – Maumere. Kenyataan dilapangan menunjukkan, RPLBK tidak dibuat berdasarkan asesmen kebutuhan siswa, RPLBK yang sebagai pelengkap administrasi BK untuk penilaian dinas terkait. Ketidakmampuan guru BK membuat RPLBK berdasarkan asesmen menjadi kendala sehingga topik pemberian layanan bimbingan hanya berdasarkan masalah apa yang dihadapi siswa saat bertemu guru BK. Keterbatasan tenaga guru BK menjadi kendala dalam pelaksanaan layanan BK di SMA. Sebagai saran, perlu dilakukan supervisi untuk meningkatkan kinerja guru BK khususnya kinerja menyusun RPLBK berdasarkan asesmen kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Talib Hashim, N. I. (2016). Social Interactions among Multi-Ethnic Students. Asian Social Science, 47-58.
Ainna Amalia FNa, S. A. (2019). Multicultural Education and Student Tolerance at Islamic Senior High School in Bali, Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 77-88.
Dahlan, Z. (2017). PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI GURU BK SEBAGAI KONSELOR DI SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12-27.
Haryani. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL (RPL BK) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING DI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 50-55.
Herdi Herdia, S. K. (2019). The Development and Validating of the New Wisdom Scale for Multicultural Counselor. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 22-37.
James A. Banks, C. A. (2016). Multikultural Education: Issues and Perspective. Kanada: GarfinkelPublication Inc.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Guru dan Kependidikan tahun 2016
Kurniawan, L. (2015). PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMA. Psikologi Pendidikan & Konseling, 1-8.
Miskanik. (2018). PENGGUNAAN KONSELING MULTIKULTURAL DALAM MENDORONG, PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS . Sosio e-Kons, 279-290.
Riska Hidayat, S. J. (2020). LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI PADA SISWA SMA NEGERI 4 CIMAHI YANG MEMILIKI CITRA TUBUH RENDAH. Fokus, 9-15.
Sudibyo, H. (2019). Kinerja Guru BK dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 36-40.
Suwarni. (2016). Memahami Perbedaan Sebagai Sarana Konseling Lintas Budaya. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 117-137.
Tuti Budirahayua*, M. S. (2020). The Promotion of Multicultural Education in Schools: A study of Teaching Multidisciplinary Courses in Indonesian Schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 36-47.
Utami, P. S. (2017). Pengembangan Pemikiran James A. Banks dalam Konteks Pembelajaran. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 68-76
DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.