Pengaruh Kompos Berbasis Bio-Aktivator terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung (Zea mays L. Saccharata) pada Tanah Typic Dystrudepts

Reny Tomasoa

Abstract


Peningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung pada tanah Typic Dystrudepts dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan organik yang kaya unsur hara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian kompos berbasis EM4 dengan dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Jagung pada Tanah Typic Dystrudepts di lapangan. Faktor perlakuan yang dicobakan adalah kompos dengan dosis 10 t/ha, 20 t/ha dan 30 t/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos tidak berpengaruh terhadap peningkatan N Total, P2O5, dan K2O tersedia tanah, serapan P dan K daun, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, dan  kering 1000 biji tetapi berpengaruh terhadap berat kering biji dan peningkatan serapan-N daun. Pemberian kompos dengan dosis 10 ton/ha sudah cukup untuk meningkatkan berat kering biji dan serapan N daun. Peningkatan dosis sampai 30 ton/ha tidak menunjukkan perbedaan hasil yang signifikan dibandingkan dengan pemberian dosis 10 ton/ha. 

Kata Kunci: Pengaruh, Bioaktivator EM4, Pertumbuhan, Produksi, Jagung


Full Text:

PDF

References


Starbuck, C.J. 2004. Waste Managemen Alternative: Composting, University of Nottingham School of Biosciences, Scientific Program, Nottingham.

Gaur, A.C. 1986. A Manual of Rural Composting. FAO/UNDP Regional Project Divition of Microbiology: New Delhi: Indian Agricultural Research Insitute.

Anwar, E.K. 1999. Usaha meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan teknologiefektif mikroorganisme (EM-4).Konggres Nasional VII.HITI. Bandung.

Ritonga, S., Nasution, Z., Siagaan, R dan M. Dalimun. 1999. Pengaruh pupuk kandang dan inokulan EM4 terhadap laju pengomposan limbah padat industri tapioka. Konggres Nasional VII.HITI. Bandung.

Kaya, E. 2008. Efek Kompos Sampah Kota dan Air Lindi Terhadap Sifat Fisik Ultisols dan Hasil Jagung. Jurnal Eugenia. Volume No.ISSN 0854-0276/th.2008

Silahooy, C. 1999. Beberapa Sifat Fisik Tanah, Kehilangan Air oleh Aliran Air Permukaan dan Vertikal, Erosi Tanah, dan Hasil Jagung (Zea mays L.) Pada Typic Paleudults yang Diberi Ela Sagu Berbeda Dosis dan Cara Pemberian. Disertasi. Unpad, Bandung.

Steel, R.G.D dan J.H. Torrie. 1995. Prinsip Dan Prosedur Statistika. Penterjemah Bambang Sumantri. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Soil Survey Staff. 2014. Keys to Soil Taxonomy. Twelfth Edition, 2014. United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service.

Hardjowigeno, S. 1995. Ilmu Tanah. Edisi Revisi. Akademi Presindo, Jakarta.

Hardjowigeno, S. 1993. Klasifikasi Tanah Dan Pedogenesis. Akademi Presindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/a.v8i2.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats