ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENGATASI RENTANG KENDALI PENDIDIKAN DI KABUPATEN BURU SELATAN

hatty suat, Hengky Pattimukay, Nataniel Elake, Tomas N Sollisa

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Dampak Implementasi Kebijakan Mengatasi Rentang Kendali Pendidikan di Kabupaten Buru Selatan”. Dengan masalah pokoknya “Mengapa sampai implementasi kebijakan mengatasi rentang kendali pendidikan masih menimbulkan masalah? dan seberapa besar dampak implementasi kebijakan mengatasi rentang kendali pendidikan di Kabupaten Buru Selatan?” Menggunakan pendekatan  teori Smith dalam menganalisis dan mengkaji masalah dampak implementasi kebijakan mengatasi rentang kendali pendidikan yang dilakukan di Kabupaten Buru Selatan.  Desain metode secara kuntitatif dan bersifat deskriptif dalam dengan jumlah sampel 34 orang sebagai responden, Tekanik analisis persentatif dan sosiometrik. Hasil analisis membuktikan bahwa implementasi kebijakan mengatasi rentang kendali pendidikan di Kabupaten Buru Selatan, yakni idealized policy berdampak “Kuat” terhadap masyarakat pendidikan pada umumnya, yang mana bagi target groups (kelompok sasaran) mencakup jajaran pendidikan dasar dan menengah, dan bagi implementing organization (badan atau unit birokrasi pelaksana), meliputi para implementor pada Dinas Pendidikan Kabupaten Buru Selatan, yang tidak terlepas dari Dinas Terkait dan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan environemental factor (fisik, sosial, budaya, dan politik) yang selalu menjadi pertimbangan dalam menyikapi dampak tersebut. Memprioritaskan target groups sebagai prioritas utama, idealized policy dan environemental factor (fisik, sosial, budaya, dan politik) sebagai prioritas kedua yang disikapi secara bersamaan dan implementing organization (badan atau unit birokrasi pelaksana) sebagai prioritas ketiga. Disamping terfokus pada dampak yang bersifat positif merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sementara dampak yang bersifat negatiif disikapi sebagai tantangan yang harus dihadapi dan memanfaatkan kekuatan melalui strategi yang digunakan untuk mengatasinya secara cepat dan tepat. Hasil dan temuan penelitian berimplikasi bagi perumusan strategi dalam mengatasi masalah lain yang timbul akibat dari implementasi kebijakan mengatasi masalah rentang kendali pendidikan di Kabupaten Buru Selatan. Secara teoritis, konsep teori yang digunakan dalam menganalisis dampak implementasi kebijakan mengatasi masalah rentang kendali pendidikan dapat dijadikan fakta ilmiah dalam pemahaman dan penambahan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada implementasi kebijakan di bidang pendidikan. Secara praktis mendesain kerangka perumusan strategi dan operasionalnya sebagai suatu pengakuan dalam menyikapi dampak implementasi kebijakan mengatasi masalah rentang kendali pendidikan di Kabupaten Buru Selatan.

Kata Kunci:  Analisis Kebijakan, Rentang Kendali, dan Pendidikan.


References


Abbas Junus, 2015, Implementasi Kebijakan Pendidikan Kejuruan, Gerakan Mengajar Masyarakat Perbatasan Provinsi Kalimantan Utara.

Akip Haeder Mohammad, 2012, Implementasi Kebijakan, Apa, Mengapa, dan Bagaimana, Universitas Negeri Makassar, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010.

Anderson, James E., 2000, Public Policy Making, Boston : Houghton Mifflin.

Anggara Sahya, 2014, Kebijakan Publik, Bandung: Pustaka Setia.

Amirudin Yoyok 2015, Kebijakan Desentralisasi Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pendidikan Indonesia: Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga.Dunn William N., 2001, Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta : Gajamada University Press.

Dwidjowiyoto Riant Nugroho, 2006, Kebijakan Publik untuk Negara-Negara Berkembang; Model-Model Perumusan, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Dye, Thomas R., 2005, Public Policy, Jakarta: Prenada Media.

Fahrudin, Anwar Nur, 2009, Pengaruh Implementasi Kebijakan Pembangunan Pendidikan di Daerah Melalui Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran SMK di Kabupaten Bantul, Tesis | S2 Magister Perencanaan Kota dan Daerah, Universitas Gajah Mada.

Hermawan, Wawan, 2020, Pengertian dan Ruang Lingkup Pengambilan Keputusan. MODUL 1 (ut.ac.id)

Islamy, M., Irfan, 2001, Materi Pokok Kebijakan Publik, Jakarta: Universitas Indonesia

Kadji Yulianto, Asna Aneta, Roy Hasiru, 2014, Pemetaan Dampak Implementasi Kebijakan Pendidikan Bersubsidi di Kota Gorontalo Tahun ke-1 dari rencana 1 Tahun, Universitas Negeri Gorontalo.

Keban, Yeremias, T, 2004, Enam Dimensi Strategis Admistrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Penerbit Gava media, Yogyakarta.

Nasir Moh, 2003. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia.

Prasojo Eko, Teguh Kurniawan, Azwar Hasan P, 2005, Pelaksanaan Program Inovasi Bidang Pendidikan Di Kabupaten Jembrana. Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI, dan Local Government Specialist pada Center for Local Government Innovation (CLGI)/Yayasan Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD).

Prayitno Didi, 2008, Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah (Studi Kasus Pelaksanaan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Distrik Semangga), Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Puslitjakdikbud, 2020, Risalah Kebijakan, Kemendikbud go.id

Riduwan, 2003, Dasar-Dasar Statistik, Bandung: Alfabeta.

Simatupang Patar dan Akib Haedar 2011, Efektivitas Implementasi dan Dampak Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi Pemerintahan, Jurnal Administrasi Publik, Volume 2 No. 1 Thn. 2011

Sugiono, 2010, Metode Penelitian Administrasi, Byndung: Alfabeta.

Tachjan, 2008, Implementasi Kebijakan Publik, Bandung : AIPI-PUSLIT KP2W LEMLIT UNPAD.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Solichin Abdul, 2006, Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta : Sinar Garafika.

Widodo, Joko, 2007, Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Alokasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Malang: Bayumedia Publishing.

Widoyoko, Eko Putro (2012), Pengertian Penilaian (Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya (materibelajar.co.id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats