KEKERABATAN DAN KELOMPOK TANI (STUDI KASUS KELOMPOK TANI DI NEGERI TAWIRI, KECAMATAN TELUK AMBON, KOTA AMBON)

Patricya M Matulessy, August E Pattiselanno, Meilvis E Tahitu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kekerabatan yang dapat membentuk suatu kelompok tani dan faktor-faktor yang mempengaruhi kekerabatan dalam kelompok tani di Negeri Tawiri. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer (wawancara dengan responden) dan data sekunder (data yang diperoleh dari instansi dan literatur terkait substansi penelitian). Data yang telah terkumpul ditabulasi dan dianalisis. Selanjutnya, hasil analisis disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Kekerabatan yang dibangun berdasarkan dua hal yang saling mempengaruhi yaitu “ikatan kekeluargaan” dan “ikatan sekampung”. Kedua hal inilah yang membentuk nilai-nilai kekerabatan dalam kelompok tani yaitu (a) nilai saling menghargai dan menghormati, (b) nilai perasaan sama dan senasib dalam kebersamaan antar sesama anggota kelompok tani. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekerabatan kelompok tani adalah sumber informasi kelompok, kegiatan kelompok, permasalahan dalam kelompok, jaringan anggota kelompok dan kepercayaan dalam kelompok.


Keywords


Jaringan; kekerabatan; kelompok tani; kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Aarsten, J. V. 1953. Ekonomi Pertanian Indonesia. Jakarta: Pembangunan

Amin, S. 2016. “Pengaruh Unsur Moodal Sosial Terhadap Keberhasilan Kelompok Tani Ternak Penerima Bantuan Program Sarjarna Membangun Desa (SDM) Di Kabupaten Bine”. Skripsi. Universitas Hasanudin. Makasar

Departemen Pertanian, 2007. Peraturan Menteri Pertanian No 273tKptslOT.1601412007 tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Lampiran I Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

Derajat. 2016. “Implementasi Nilai-nilai Persatuan dan Gotong Royong Kelompok Tani Subur Makmur di Desa Lempong Jenawi Kabupaten Karanganyar”. Skripsi. Universitas Muhamadiyah Surakarta

Fukuyama, F. 2000. “Social Capital And Civil Society. Culture Matters, How Values Shape Human, Progres”. Third World Quarterly. Vol 22 (1) : 7– 20.

Gomies, N. E. F, A. M. Sahusilawane, M. J. Pattinama, 2019. “Modal Sosial Dan Keberhasilan Kelompok Wanita Tani Kartika Di Negeri Rumahtiga Kecamatan Teluk Ambon”. Agrilan. Vol 7 (1) : 73-87.

Imron, A. 2005. Sistem Kekerabatan. Jakarta: Rajawali

Inayah. 2012. “Peran Modal Sosial Kelompok Tani Dalam Pembangunan”. Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol 12 (1) diunduh dari http://www.polines.ac.id/ragam/index_files/jurnalragam/paper_6%20apr%202012.pdf. (diakses pada 12 April 2019)

Lulun, F. N., A. M. Sahusilawane., Jeter. D. Siwalete. 2019. “Pengaruh Modal Sosial Terhadap Tingkat Pendapatan Petani Di Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon”. Agrilan. Vol 7 (2) : 120-134.

Mardani., T. M. Nur., Halus Satriawan. 2017. “Analis Usaha Tani Tanaman Pangan Janggung Di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen”. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Vol 1 (3) : 203-212.

Marsianus. F. 2016. “Kajian Dinamika Kelompok Tani Usaha Ternak Sapi Potong di Kelompok Tani Nekmese Desa Manusasi Kecamatan Miofamo Barat”. Agrimor Vol 1 (1) : 15-18.

Suharto, 2007. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Tanasale Paulus, August E Pattiselanno, dan Wardis Girsang. “Perbandingan Kelompok Tani di Kota Ambon (Studi KasusKelompok Tani Gunung Nona Negeri Amahusu dan Negeri Tawiri)”. Agrilan. Vol 8 (2) : 149 - 161.

Triman, T., H.M. Tahir Kaswani, H.M. Darwis DPS, 2014. “Kontruksi sosial petani dalam pembentukan kelompok tani di kabupaten manokwari”. https://docplayer.info/34741702-Konstruksi-sosial-petani-dalam-pembentukan-kelompok-tani-di-kabupaten-manokwari.html (diakses 14 April 2019)

Waldi Robi D, Bambang Heru Saharjo, dan Israr Albar., 2019. “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Pencegahan Kebakaran Lahan Gambut”. Jurnal Silvikultur Tropika. Vol 10 (2) : 83-89.

Wuysang. 2014. “Modal Sosial Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Suatu Studi Dalam Pengembangan Usaha Kelempok Tani Di Desa Tincep Kecamatan Sonder”. Jurnal Acta Diurna. Vol 3 (3) : 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v8i3.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats