KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH–BUAHAN DI PASAR MARDIKA KOTA AMBON

Margaretha Pattiasina, Michael Tantoly

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian buah-buahan di Pasar Mardika. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 66 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden buah-buahan (semangka, pisang dan papaya) di pasar Mardika didominasi perempuan (74%) sebagai ibu rumah tangga yang berumur 21 – 40 tahun (66,66%) dan sudah menikah (71%) dengan tingkat pendidikan SMU (80%), dengan tingkat pendapatan didominasi pendapatan terendah yaitu <  Rp 2.000.000 per bulan dan memiliki tingkat pengetahunan yang cukup tentang kesadaran gizi dan manfaat buah-buahan bagi kesehatan.  Keputusan responden membeli buah-buahan di pasar Mardika ditentukan oleh kualitas buah yang bagus.  50 responden ( 76%), 30 responden (46%) dan 40 responden (61%) berturut-turut sangat setuju kualitas buah semangka, pisang dan papaya bagus. Sedangkan sebanyak 55 responden (83,33%), 58 responden (87,88%), dan 50 responden (75,76%) berturut-turut menyatakan bahwa harga semangka, pisang dan pepaya murah. Sebanyak 50 responden (76%), 22 responden (33%) dan 39 responden (59%) berturut-turut menyatakan sangat setuju untuk tempat penjualan karena tempat berada pada jalan raya yang dapat dilalui dengan berbagai kendaraan dan juga dekat dengan terminal bus. 


Keywords


Buah-buahan; keputusan konsumen; tingkat konsumsi; accidental sampling

Full Text:

PDF PDF

References


Engel, James. F, Roger, D. Blackwell dan Paul. W. Miniard, 1994. Perilaku konsumen, Jakarta : Binarupa Aksara.

Firdaus A Arina dan Harti., 2018. Pengaruh Kelompok Acuan, Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko “Windy Collection” Dukun Gresik.

Hadija. S, 2015. “Tingkat Kepuasaan Pelanggan Terhadap Buah-Buahan Di Pasar Tradisional Ambon”. Skripsi. Ambon, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Katlen V Adriaansz, 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Membeli Umbi-Umbian Di Pasar Mardika, Kota Ambon”. Jurnal Agrilan.Vol 4 (1) : 69 – 84.

Kilamase Damianus, M. Turukay dan Natelda. R. Timisela, 2016. “Analisis permintaan buah anggur (Vitis Sp) pada pasar modern di kota Ambon”. Jurnal Agrilan. 3 (3) : 223 – 236.

Kotler dan Amstrong 2008. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jilid Satu. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.

Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta : Prenhallindo:

Patta Hasni, Martha Turukay, Weldelmina B. Parera., 2013. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Sagu (Studi Kasus Pada Toko Sagu Di Kota Ambon). Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 1 (3) : 14 – 25.

Purimahua, S, 2014. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Sayur-Sayuran Studi Kasus Di Fris Market Ambon”. Skripsi, Ambon, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Setiabudi, Meina Utami, Weldemina B. Parera, Risyart A. Far-Far., 2013. Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Segar Studi Kasus Hypermart-Ambon City Center Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 1 (4) : 25 – 40

Simatauw Desly, Weldemina. B. Parera, Maisie T. F. Tuhumury. 2017. Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Olahan Sagu Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Di Pusat Oleh-Oleh “G” Dan “P10” Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 5 (3) : 292 - 306

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian:Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suci Yati Ardin, W. B. Parera, Raja M. Sari., 2013. Strategi Bauran Pemasaran Buah Segar: Studi Kasus Hypermart “Ambon City Center” Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) Vol 1 (4) : 41 - 53

Susilo, Agung Joko., 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Agung Motor (Studi pada Konsumen Di Nganjuk Tahun 2015). Simki-Economic 1 (6) :-.

Welma, Pelasula 2012. Analisa Kepuasaan Konsumen Terhadap Buah-Buahan Di Pasar Tradisional Ambon. Skripsi. Ambon, Fakultas Petanian Universitas Pattimura




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i3.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats