KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH–BUAHAN DI PASAR MARDIKA KOTA AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian buah-buahan di Pasar Mardika. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 66 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden buah-buahan (semangka, pisang dan papaya) di pasar Mardika didominasi perempuan (74%) sebagai ibu rumah tangga yang berumur 21 – 40 tahun (66,66%) dan sudah menikah (71%) dengan tingkat pendidikan SMU (80%), dengan tingkat pendapatan didominasi pendapatan terendah yaitu < Rp 2.000.000 per bulan dan memiliki tingkat pengetahunan yang cukup tentang kesadaran gizi dan manfaat buah-buahan bagi kesehatan. Keputusan responden membeli buah-buahan di pasar Mardika ditentukan oleh kualitas buah yang bagus. 50 responden ( 76%), 30 responden (46%) dan 40 responden (61%) berturut-turut sangat setuju kualitas buah semangka, pisang dan papaya bagus. Sedangkan sebanyak 55 responden (83,33%), 58 responden (87,88%), dan 50 responden (75,76%) berturut-turut menyatakan bahwa harga semangka, pisang dan pepaya murah. Sebanyak 50 responden (76%), 22 responden (33%) dan 39 responden (59%) berturut-turut menyatakan sangat setuju untuk tempat penjualan karena tempat berada pada jalan raya yang dapat dilalui dengan berbagai kendaraan dan juga dekat dengan terminal bus.
Keywords
References
Engel, James. F, Roger, D. Blackwell dan Paul. W. Miniard, 1994. Perilaku konsumen, Jakarta : Binarupa Aksara.
Firdaus A Arina dan Harti., 2018. Pengaruh Kelompok Acuan, Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko “Windy Collection” Dukun Gresik.
Hadija. S, 2015. “Tingkat Kepuasaan Pelanggan Terhadap Buah-Buahan Di Pasar Tradisional Ambon”. Skripsi. Ambon, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.
Katlen V Adriaansz, 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Membeli Umbi-Umbian Di Pasar Mardika, Kota Ambon”. Jurnal Agrilan.Vol 4 (1) : 69 – 84.
Kilamase Damianus, M. Turukay dan Natelda. R. Timisela, 2016. “Analisis permintaan buah anggur (Vitis Sp) pada pasar modern di kota Ambon”. Jurnal Agrilan. 3 (3) : 223 – 236.
Kotler dan Amstrong 2008. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jilid Satu. Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta : Prenhallindo:
Patta Hasni, Martha Turukay, Weldelmina B. Parera., 2013. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Sagu (Studi Kasus Pada Toko Sagu Di Kota Ambon). Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 1 (3) : 14 – 25.
Purimahua, S, 2014. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Sayur-Sayuran Studi Kasus Di Fris Market Ambon”. Skripsi, Ambon, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.
Setiabudi, Meina Utami, Weldemina B. Parera, Risyart A. Far-Far., 2013. Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Segar Studi Kasus Hypermart-Ambon City Center Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 1 (4) : 25 – 40
Simatauw Desly, Weldemina. B. Parera, Maisie T. F. Tuhumury. 2017. Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Olahan Sagu Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Di Pusat Oleh-Oleh “G” Dan “P10” Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) 5 (3) : 292 - 306
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian:Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suci Yati Ardin, W. B. Parera, Raja M. Sari., 2013. Strategi Bauran Pemasaran Buah Segar: Studi Kasus Hypermart “Ambon City Center” Kota Ambon. Jurnal Agribisnis Kepulauan (Agrilan) Vol 1 (4) : 41 - 53
Susilo, Agung Joko., 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Agung Motor (Studi pada Konsumen Di Nganjuk Tahun 2015). Simki-Economic 1 (6) :-.
Welma, Pelasula 2012. Analisa Kepuasaan Konsumen Terhadap Buah-Buahan Di Pasar Tradisional Ambon. Skripsi. Ambon, Fakultas Petanian Universitas Pattimura
DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i3.957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Template Jurnal Agrilan :
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :
Connect with your Academic Account:
Plagiarism Chek by :
Reference Management Tools :
Assosiation With :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.