KARAKTERISTIK TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL TAHOE-TEMPE DI UD. SR KELURAHAN RIJALI KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON

Kurnia Eka Putri, Felecia P Adam, Noviar F Wenno

Abstract


Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam proses produksi. Salah satu faktor yang berhubungan dalam pencapaian target produksi adalah karakteristik pekerja.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik tenaga kerja industri kecil UD.SR. Penelitian ini dilakukan di Industri Tahoe-Tempe UD.SR, Kelurahan Rijali RT. 004 RW. 02, Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi tenaga kerja di industri ini berjumlah 13 orang dan seluruhnya  dijadikan sampel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik tenaga kerja di industri terdiri dari : dominasi kelompok umur muda 18-31 tahun, sebagian besar mengecap pendidikan SMP, rata-rata pengalaman kerja 2-5 tahun, memiliki jumlah anggota keluarga 2-6 orang, masih memiliki hubungan kekerabatan dengan pemilik perusahaan, berasal dari kampung yang sama, upah tenaga kerja sebesar Rp.2.500.000,- per bulan, rata-rata pengiriman remiten ke daerah asal sebesar Rp. 1.208.333,- semua tenaga kerja di UD.SR memandang remiten sebagai hal yang penting sehingga setiap bulan mereka harus menyisihkan pendapatannya untuk keluarganya di daerah asal, agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keywords


Industri kecil; Tahoe; Tempe; Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


Haryani, S. 2002. Hubungan Industi Di Indonesia. Yogyakarta : AMP YKPN.

Indayati, Indartini, Mintarti, & Djumhariyati, Retno. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Genteng (Studi Kasus Di Desa Baderan Kec.Geneng Kab. Ngawi)”. Jurnal Sosial, 11(2).

Kuncoro, M. 1997. Ekonomi Pembangunan, Teori, Masalah dan Kebijakan, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Unit Penerbitan dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Setiyadi, H.2008. Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Konveksi (Studi Kasus Desa Sendang Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara). Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatann Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : CV Alfabeta.

Syah. N. Afid. 2014. “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Tempe (Studi Kasus Sentra Industri Tempe Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang)”. Jurnal Ilmiah, 2 (2) : 3 – 20.

Thoha, Mahmud, Tulus T.H., Tambunan, & Firdausy, Carunia Mulya. 1998. Dampak Persetujuan Putaran Uruguay-GATT Terhadap Industri Kecil.Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).

Wardhini, K. I. 2014. Kajian Tentang Karakteristik Pengrajin Tahu.Jurnal Swara Bhumi, 3 (2) :1 – 9.

Winardi, 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v5i1.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats