ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TERNAK ITIK PETELUR INTENSIF DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN TAMBELANG KABUPATEN BEKASI

Suciati Sarmidi, Kuswarini Sulandjari, Suhaeni Suhaeni

Abstract


Itik merupakan salah satu unggas yang mempunyai peran cukup besar pada pendapatan peternak, termasuk peternak itik di Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Kelayakan finansial diperlukan untuk keberlanjutan usaha ternak itik. Para peternak di  Desa Sukamaju ialah tidak adanya catatan secara rinci baik itu pengeluaran maupun penerimaan. sehingga belum diketahui pendapatan  dan kelayakannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis biaya penerimaan. pendapatan dan kelayakan finansial pada usaha ternak itik petelur di Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.  Metode penentuan sampel menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara keseluruhan jumlah populasi dijadikan sampel. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan responden menggunakan kuisioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bekasi. dan juga instansi-instansi yang terkait. Data dianalisis dengan analisis pendapatan. penerimaan. R/C Ratio. Break Event Point (BEP). dan Return on Investment (RoI). Hasil penelitiann menunjukkan bahwa rata-rata biaya yang dikeluarkan peternak itik petelur dalam 1000 ekor pada satu kali periode sebesar Rp. 83.317.292 dengan rincian biaya tetap sebesar Rp. 2.731.208 dan biaya variabel sebesar Rp. 80.586.083. Penerimaan rata-rata yang diperoleh sebesar Rp. 395.625.346  dengan jumlah produksi telur sebanyak 208.233 butir yang dijual seharga Rp. 1.900 perbutir selama satu kali periode. Besarnya rata-rata pendapatan yang diperoleh dalam satu kali periode sebesar Rp. 312.308.055. Rata-rata R/C Ratio yang dihasilkan dalam usaha ternak itik petelur ini sebesar 4,74 yang artinya usaha ternak itik petelur tersebut layak untuk dikembangkan. BEP produksi pada usaha ternak itik petelur sebesar 43.880 butir yang artinya usaha ternak ini tidak rugi karena pada penelitian ini peternak itik menghasilkan telur sebanyak 208.233 butir dan rata-rata BEP harga sebesar Rp. 400 yang artinya usaha ternak itik petelur itu tidak rugi karena pada kenyataannya peternak itik menjual telur seharga Rp. 1.900 perbutir. Rata- rata ROI (Return On Investment) sebesar 3,77 persen.


Keywords


Break Event Point (BEP); itik; pendapatan; penerimaan; R/C Ratio; Return On Investment (ROI)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Proses penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi. 2022. Populasi itik di Kabupaten Bekasi tahun 2021. BPS, Kabupaten Bekasi. Diakses tanggal 15 Mei 2023.

Indarsih, Budi. 2017. “Produksi itik petelur intensif berbasis bahan pakan local”. Skripsi. Mataram: Mataram University Press.

Khafsah, Sunaryo Hadi Warsito, Ragil Angga Prastiya, Trilas Sardjito, Amung Logam Saputro, Bodhi Agustono. 2018. “Analisis Kelayakan Usaha Secara Finansial dan Efisiensi Produksi di Peternakan Sapi Perah PT. Fructi Agri Sejati Kabupaten Jombang”. Jurnal Medik Veteriner. pISSN: 2615-7497; eISSN:2581- 012X. Diakses 9 Juli 2024, pukul 12.30.

Noriyanto A. S. W. Roessali, M. Handayani. 2015. “Analisis pendapatan usaha ternak itik petelur di Kecamatan Banyubini Kabupaten Semarang”. Jurusan Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Vol 2(1) : 56-54.

Umam, Ahmad Haerun. 2019. “Strategi Pengembangan Usaha Ternak Itik Petelur Persepsi Ekonomi Islam”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Nergeri Mataram, Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v12i2.2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats