PENERAPAN FUNGSI PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH MANGGA PODANG DI DESA TIRON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI

Mukti Novita Utari, Fadli Mulyadi, Jedda Ayu Inggrida

Abstract


Wilayah yang menjadi salah satu sentra produksi mangga podang terbesar di Kediri adalah Desa Tiron Kecamatan Banyakan. Namun, pemasaran mangga podang di Desa Tiron mengalami berbagai permasalahan seperti masih bergantung terhadap pengepul, pemasaran yang masih terbatas,  dan daya tawar petani yang rendah.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan fungsi pemasaran dan peningkatan nilai tambah dalam pemasaran mangga podang di Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi pemasaran oleh petani mangga podang di Desa Tiron sudah baik. Hal ini terlihat dari petani yang menerapkan fungsi pengangkutan, penyimpanan, penanganan khusus, penjualan secara bertahap, pengklasifikasian dan pemisahan komoditas dalam tingkatan, serta pemantauan situasi pasar. Selain itu, mayoritas petani juga tidak pernah melakukan pinjaman modal. Namun, peningkatan nilai tambah yang dilakukan oleh petani mangga podang di Desa Tiron masih rendah. Hal ini terlihat dari mayoritas petani yang tidak pernah melakukan pengolahan dan penjualan mangga podang yang hanya dilakukan di desa yang sama. Petani perlu meningkatkan nilai tambah mangga podang dengan mengoptimalkan pengolahan dan melakukan pemasaran ke wilayah yang lebih luas.


Keywords


Fungsi pemasaran; nilai tambah; petani

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. I. & Handayani, S. 2020. “Marketing Efficiency of Organic Rice in Lampung Province”. Journal of Physics: Conference Series. 1500(1).

Amri, A. A., Husain, T. K., & Amran, F. D. 2022. “Analisis Tingkat Risiko Usahatani Stroberi di Kawasan Wisata Malino”. Jurnal Sains Agribisnis (Journal of Science Agribusiness). Vol 2(1): 1-11.

Andayani, S. A., Dinar, Marina, I., Sumantri, K., Sulaksana, J., Umyati, S., & Dani, U. 2021. “Peningkatan Nilai Tambah Melalui Pengolahan Produk Hortikultura”. BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 2(4): 833-836

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. 2023. Produksi Buah-buahan Jeruk Besar, Jeruk Siam, Mangga Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Tanaman di Provinsi Jawa Timur (kwintal), 2021 dan 2022, dalam https://jatim.bps.go.id/statictable/2023/03/20/2579/-produksi-buah-buahan-jeruk-besar-jeruk-siam-mangga-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-tanaman-di-provinsi-jawa-timur-kwintal-2021-dan-2022.html diakses 22 April 2024.

Chaerani, D, S. 2016. “Margin dan Efisiensi Pemasaran Kopra di Desa Simalegi Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai”. Jurnal Bibiet. Vol 1(2): 81-94.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. 2022. Angka Tetap Hortikultura Tahun 2021, dalam https://satudata.pertanian.go.id/assets/docs/publikasi/ATAP_Hortikultura_Tahun_2021_compressed.pdf diakses 22 April 2024.

Muharom, Y. P., Anna, Z., Riyantini, I., & Suryana, A. A. H. 2019. “Analisis Nilai Tambah Industri Pengolahan Ikan Tuna di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta”. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol 10(2): 9-16.

Mulyana, S., Suhartono, & Sudomo, A. 2019. “Efisiensi Pemasaran Buah Jamblang (Syzygium cumini (L) Skeels) (Studi Kasus di Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta)”. Jurnal Agroforestri Indonesia. Vol 2(1): 1-10.

Pemerintah Kabupaten Kediri. 2023. Daftar Produk Unggulan Kabupaten Kediri, dalam https://kedirikab.go.id/produk_unggulan_mangga_podang diakses 22 April 2024.

Saragih, J. R. 2019. “Pendapatan dan Nilai Tambah Pengolahan Primer Kopi Arabika di Desa Sait Buttu Saribu, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun”. Journal of Regional and Rural Development Planning. Vol 3(1): 1-10.

Simorangkir, N. C., & Rosiana, N. 2022. “Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta”. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness). Vol 10(1): 113-125.

Wahyuni, D. 2023. “Analisis Efektivitas Pinjaman Dana Bergulir PNPM Mandiri dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar”. AMARTHA: Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol 4(2): 32-40.

Zahra, F. A. & Nauly, D. 2021. “Analisis Saluran Pemasaran Belimbing Dewa di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok”. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness). Vol 9(1): 13-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v12i2.2029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats