BO ULAN TAWEI SUAT : KEARIFAN LOKAL DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN PANGAN LOKAL SAGU DI MIDA KECAMATAN PULAU GOROM KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

Masdar Rumatiga, Marcus J Pattinama, Noviar F Wenno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kearifan lokal masyarakat dalam menjaga keberlangsungan pangan lokal sagu.Penelitian dilakukan di desa Mida Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive sampling) karena daerah penelitian merupakan salah satu daerah yang masih menjaga kearifan pangan lokal sagu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal Bo Ulan Tawei Suat merupakan tradisi turun-temurun yang terus dijaga dilestarikan oleh masyarakat di Desa Mida. Sagu bagi masyarakat dipandang sebagai sosok putri gunung atau seorang ibu memberikan kehidupan bagi masyarakat. Selain itu sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat desa Mida yang tidak bisa ditinggalkan

Keywords


Bo Ulan Tawei Suat; makanan pokok; sagu

Full Text:

PDF

References


Alfons, J.B. dan A. A. Rivae., 2011. “Sagu Mendukung Ketahanan Pangan Dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim”. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku.

Anonim, 2016.“Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan”. Repository.upi.edu/Diakses tanggal 07 2016.

Anonim, 2016 Metode Penelitian Lokasi Dan Waktu Diakses tanggal 07.2016).

Ardianto, B. 2006. “Persepsi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Prasarana Dasar Pemukiman yang Bertumpu pada Swadaya Masyarakat di Kota Magelang”. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Budiyanto. M. A. K., 2010. “Model Pembangunan Ketahanan Pangan Berbasis Pisang Melalui Nilai Kearifan Lokal”. UMM.

Goerge, N., 2008. “Keragaman Dan Potensi Dusung Berbasis Tanaman Salak (Salacca Var Amboimemsis Becc) Kabupaten Seram Bagian Barat”.

Gabriel, J. M., 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Pola Konsumsi Pangan (Studi Kasus Pada Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon Provinsi Maluku”.

Hasibuan. U. 2012. “Analisis Of The Management Of Local Wisdom Lubuk Larangan Of River Kaiti For Development Of Module Concept The Inveromental Conversation in senior High Shcoll.University of Riau”.

Kelirey, B. U., 2010. “Dusung Dalam Perspektif Sosial Dan Ekonomi (Studi Kasus Desa Ondor, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur)”.

Louhenapessy, J.E, M, Luhukay, dan R.B. Riry, 2012. “Mari Belajar Mengenal Sagu”. Seri Pertama, C. V. Anugerah Sejati, Ambon.

Louhenapessy, J.E, M, Luhukay, dan R.B. Riry, 2012. “Mari Belajar Mengenal Sagu”. Kedua, C. V. Anugerah Sejati, Ambon.

Ngamelubun, N., 2009. “Pergeseran Pelaksanaan SASI (Studi Kasus Sasi Damar) Di Desa Rambatu Kecamatan Inamosol, Kabupaten SBB”. Ambon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v5i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats