DAMPAK PERUSAHAAN PT. BINTANG LIMA MAKMUR TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT ROHUA DESA SEPAKABUPATEN MALUKU TENGAH

Maria Peirissa, Inta P. N Damanik, Paulus M Puttileihalat

Abstract


Perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kelangsungan hidup perekonomian dan masyarakat luas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan PT. BLM terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Dusun Rohua Desa Sepa Kabupaten Maluku Tengah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengambilan sampel responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan penduduk di Dusun Rohua mengalami peningkatan setelah  adanya Perusahaan PT. BLM, karena pendapatan  masyarakat yang meningkat sehingga bisa menabung untuk pendidikan anak. Tingkat kesehatan jauh lebih baik setelah adanya PT. BLM. Selain dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat yang bekerja tetapi terdapat juga dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat  di sekitar PT. BLM 


Keywords


Dampak; Perusahaan; sosial; ekonomi

Full Text:

PDF

References


Agusniarty dan Susy Edwina, 2015. “Dampak Keberadaan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT. Karya Abadi Sama Sejati Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Kec. Pujud Kab. Rokan Hilir”: Hlm 1.

Hidayah, U, 2020. “Dampak Perusahaan Kelapa Sawit Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat”. Jurnal Agribisnis dan Komunikasi Pertanian. Vol 3 (2): 63-70.

Soekartawi. 2003. “Analisis Sistem Agroindustri Terpadu”. Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian. Vo1 1(2): 31-47.

Sinaga, Supriono. 2010. “Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah”. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.

Yuliana, N. F dan Mohammad N, 2015. “Pengaruh Keberadaan Industri Gula Blora terhadap Perubahan Penggunaan Lahan, Sosial Ekonomi dan Lingkungan di Desa Tinapan dan Desa Kedungwungu”. Jurnal Teknik PWK. Vol. 4(3): 346-360.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v11i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats