STRATEGI PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KEBUN PRAKTEK FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NUSA NIPA

Antonius Nong Yeri, Sarlina Noni

Abstract


Strategi pemasaran menjadi hal utama dalam mencapai tingkat keberhasilan suatu usaha. Untuk merealisasikan tingkat usaha diperlukan peran bidang pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi pemasaran bawang merah di kebun praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa (Kebun Praktek Unipa). Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan pengamatan langsung. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aktifitas pemasaran di Kebun Praktek Unipa menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu Produk yang dijual di Kebun Praktek Unipa ada berbagai tanaman hortikultura. Produk-produk yang ditawarkan oleh merupakan produk dengan mutu yang baik. Penetapan harga dengan mengambil keuntungan dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Lokasi Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa Indonesia berada pada tempat yang strategis yaitu dekat pasar sehingga mudah untuk dijangkau. Strategi promosi yang dilakukan oleh Kebun Praktek Unipa adalah dengan menggunakan media massa dan secara langsung ke masyarakat.


Keywords


Bawang merah; pemasaran; strategi

Full Text:

PDF

References


Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatfi edisi 2. Erlangga.

Kasmir, dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Prenada Media.

Khotler, P., dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi Ke-12. Erlangga.

Lawalata, M., dan Luhukay, J. M. 2019. "Pangan Lokal Berbasis Ubi Kayu Ditinjaudari Segi Produksi Dan Konsumsi(Studi Kasus Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah)". Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 6 (1): 92.

Lawalata, M., Thenu, S. F. W., dan Tamaela, M. 2018. "Kajian Pengembangan Potensi Perkebunan Pala Banda Di Kecamatan Banda Neira Kabupaten Maluku Tengah". Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 5(2); 132-167

Lekatompessy, D. C., Turukay, M., dan Parera, W. B. 2018. "Analisis Pemasaran Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Di Dusun Taeno Negeri Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon". Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 5(3): 262-325.

Nitisusastro, M. 2010. Perilaku Konsumen dalam Prespektif Kewirausahaan. Alfabeta.

Persaud Ajax, dan Schillo Sandra R. 2017. Purchasing organic products: Role of social context and consumer innovativeness. Marketing Intelligence & Planning. Vol 35(1): 130–146.

Rijali, A. 2019. "Analisis Data Kualitatif". Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Seegebarth Barbara, Behrens Stefan Henrik, Klarmann Christiane, Hennigs Nadine, dan Scribner Lisa Luebbehusen. 2016. "Customer value perception of organic food: Cultural differences and cross-national segments". British Food Journal. 118(2), 396–411. https://doi.org/10.1108/BFJ-07-2015-0235.

Sofjan, A. 2004. Manajemen Pemasaran :Dasar, Konsep dan Strategi Edisi 1, Cet.7. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Swastha, B. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan. Liberty.

Zebua, A. J. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 18(2): 222. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i2.468




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i2.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats