ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PETANI PESERTA PROGRAM UPSUS PADI SAWAH (STUDI KASUS DI DESA WAEKASAR KECAMATAN WAEAPO KABUPATEN BURU)

Motahar Litiloly, Wardis Girsang, Leunard O Kakisina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani peserta program UPSUS padi sawah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sampel yang diambil menggunakan teknik pengambilan acak sederhana yakni sebanyak 170 petani peserta UPSUS padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan rumahtangga petani peserta UPSUS padi sawah di desa Waekasar adalah penerimaan pertanian, penerimaan peternakan, penerimaan non pertanian, pengeluaran pertanian, pengeluaran pangan dan pengeluaran non pangan. Sedangkan produksi, benih, pupuk, obat-obatan dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan rumahtangga petani.


Keywords


Kontribusi; padi sawah; pendapatan

Full Text:

PDF

References


Astuti. 2017. “Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Metode System Of Rice Intensification Di Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala”. e-Jurnal Mitra Sains. Volume 5 Nomor 1, Januari 2017 hlm 36-42 ISSN 2302-2027.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Buru Dalam Angka, BPS Kabupaten Buru, Namlea.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta.

Dinas Pertanian. 2019. Laporan Tahunan Dinas Tanaman Pangan provinsi Maluku. Ambon

Glaser, B.G. dan A.L. Strauss. 1967. The Discovery of Grounded Theory. Aldine de Gruyter Inc., New York

Izzati, A. W. N. 2016. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani tanaman pangan (Studi kasus petani padi Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur)”. J. Universitas Brawijaya. 4 (2): 1 – 15.

Hernanto, F. 1995. Ilmu Usahatani. Jakarta : Penebar Swadaya

Kementerian Pertanian. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2015 -2019. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Keukama, M. F., Ustriyana, I. N., & Dewi, N. L. 2017. “Analisis Pendapatan Usahatani Padi Varietas Ciherang Dengan Menggunakan Sistem Tanam Legowo Jajar 2:1”. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. 6 (1): 67-75.

Lumintang, F. M. 2013. “Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timur”. Jurnal EMBA. 1(3): 991-998.

Munizar, A dan D. Tangkakesalu. 2019. “Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Padi Sawah Sistem Hambur Benih Langsung di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong”. e-J. Agrotekbis. Vol 7(1): 51-58.

Ratih, S.I., S. Karindah., dan G. Mudjiono. 2014. “Pengaruh sistem pengendalian hama terpadu dan konvensional terhadap intensitas serangan penggerek batang padi dan musuh alami pada tanaman padi”. J. HPT. 2 (3): 18 – 27.

Riefqi, A.R. dkk. 2017. “Pengaruh Benih Padi (Oryza sativa L.) Bersubsidi Terhadap Produksi dan Pendapatan Petani Padi Sawah”. Buletin Agrihorti. 5 (1): 1-8

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Sumaryanto dan Sudaryanto, T. 2005. “Pemahaman Dampak Negatif Konversi Lahan Sawah Sebagai Landasan Perumusan Strategi Pengendaliannya. Makalah dipresentasikan” dalam Seminar Penanganan Konversi Lahan dan Pencapaian Lahan Pertanian Abadi yang diselenggarakan oleh Kerjasama Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3 - LPPM IPB) di Jakarta, 13 Desember 2005.

Suparyono & Setyono Agus. 2003. PADI. In Sukamandi, Budidaya Padi (pp. 28- 31). Jakarta : PT Penebar Swadaya.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Jakarta Timur: PT. Penebar Swadaya




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v9i2.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats