SISTEM PEMASARAN KERBAU DI PULAU MOA KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Denata O. S. Putra, Stephen F. W. Thenu, Maisie T. F. Tuhumury

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran kerbau di pulau Moa. Penelitian dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Terdapat dua model saluran pemasaran kerbau yakni dari peternak kepada konsumen dan dari peternak kepada pedagang pengumpul kemudian dilanjutkan pada konsumen. Melalui analisis marjin pemasaran, dapat diketahui bahwa pada saluran pemasaran model pertama, tidak terdapat biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh peternak sehingga margin pemasaran adalah Rp. 0 dan bagian yang diterima (share) peternak adalah 100 persen. Sedangkan pada saluran pemasaran model kedua, diketahui bahwa marjin pemasaran adalah sebesar Rp. 10.270.909 dan bagian yang diterima (share) peternak adalah 51,3 persen. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran dapat disimpulkan bahwa pemasaran kerbau di pulau Moa sudah efisien, dimana nilai share marjin pada kedua model saluran pemasaran di atas 50 persen.


Keywords


Efisiensi pemasaran; kerbau; saluran pemasaran; margin pemasaran

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Maluku Barat Daya Dalam Angka 2019. Tiakur: BPS Kabupaten Maluku Barat Daya, 113-115.

Dudi, C. Sumantri, H. Martojo, A. Anang. 2012. “Kajian pola pemuliaan kerbau lokal yang berkelanjutan dalam upaya mendukung kecukupan daging nasional”. Jurnal Ilmu Ternak. Vol 12 (1):11-19.

Gultom, H.L.T., 1996. Tata Niaga Pertanian. Medan: Universitas Sumatera Utara Press.

Kusnadi, A., D. A. Kusumaningrum, R. G. Sianturi, E. Triwulaningsih. 2005. “Fungsi dan peranan kerbau dalam sistem usaha tani di Provinsi Banten” dalam: Potensi Kerbau menunjang Kecukupan Daging Nasional. 316-322.

Meikudy, N., August E. Pattiselanno, Nofiar F. Wenno. 2015. “Nilai penting kerbau bagi masyarakat petani (kasus Desa Tounwawan Kecamatan Moa) Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku”. Agrilan. Vol 3 (1): 97-107.

Muhyiddin, N.T., M.I. Tarmizi, A. Yulianita. 2017, Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial. Jakarta: Salemba Empat, 137.

Ohleky, M. P., August E. Pattiselanno, Raihana Kaplale. 2017. “Namlai Kerne: Kearifan lokal dan ketahanan pangan masyarakat Desa Werwaru, Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya”. Agrilan. Vol 5 (2): 114-131.

Pramanto, N.A. 2017. “Analisis nilai tambah dan risiko pada rantai pasok kerbau di Sekolah Peternakan Rakyat Kabupaten Serang”. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Simona, L. F., Leonard O. Kakisina, Johana M. Luhukay. 2016. “Sistem pemasaran sayur daun di Pasar Modern (Hypermart) dan Pasar Tradisional”. Agrilan. Vol 4 (1): 46-56.

Subagyo, P.J., 2011. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 135.

Sinaga, N.M. 2015. “Analisis peramalan tingkat produksi dan konsumsi daging sapi nasional dalam rangka swasembada pangan”. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v8i3.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats