PENGARUH KENYAMANAN DAN TEPAT WAKTU TERHADAP KEPUASAN PASIEN BERSALIN PADA RSUD Dr. HAULUSSY DI KOTA AMBON

Herman Surijadi

Abstract


The purpose of this study was to examine and analyze the influence of service dimensions (comfort and on time) on maternity patient satisfaction at RSUD Dr. Haulussy. The population of this study were all maternity patients who were or had used services at Dr. Haulussy Ambon. Sampling uses a purposive sampling method so that the final sample size is 42 respondents. Analysis of research data using Multiple Linear Regression Analysis. The results showed that comfort and on time proved to have a positive and significant effect on patient satisfaction at the RSUD Dr. Haulussy. This can be proven through the regression coefficient which shows that if comfort and on time increase, then the increase will be followed by an increase in maternal patient satisfaction at RSUD Dr. Haulussy. Thus it can be said that increasing comfort and on time will increase the satisfaction of maternity patients in Dr. Haulussy.

 

Keywords: Comfort, Timely, Satisfaction of Maternity Patients.


Full Text:

PDF

References


Aghny Auliya Nissa, Surjani dan Eko Mardiyaningsih, (2013) Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Gatesan Kabupaten Semarang, Jurnal, Keperawatan Maternitas, STIKES Ngudi Waluyo Ungaran.

Andaleeb, S., S., dan Conway, C., (2006) Customer Satisfaction in The Restaurant Industry: An Examination of the Transaction-Specific Model, Journal of Services Marketing, Vol. 20, No. 1, pp. 3-11.

Anggi Reny Subibyo, (2014) Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di RSIA Srikandi IBI Jember, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Annisa Lupita Rachmi Widhiastuti, (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Terpadu Surabaya, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Trunojoyo Madura.

Azwar, A., (2010) Pengantar Administrasi Kesehatan, Jakarta: Binarupa Aksara

Demsa Simbolon, Djazuli Chalidyanto dan Ernawati, (2013) Determinan Kinerja Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak di RS Pemerintah Indonesia (Analisis Data Rifaskes 2011), Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Vol. 02, No. 04, Desember 2013.

Departemen Kesehatan, (2004). Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. 128 Tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Depkes, Jakarta.

Edi Suswardji, Nally Martini dan Rani Meliana, (2012) Pengaruh Pelayanan Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Adiarsa Kerawang Timur, Jurnal Manajemen, Vol. 09, No 2, Januari 2012.

Erdi Gunawan, (2013) Pengaruh Kepuasan atas Kualitas Pelayanan kesehatan dan Tarif Rumah Sakit Terhadap Pasien Pulang Paksa. Tesis, Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fak. Kedokteran, Universitas Padjajaran.

Febriana Rahangiar, Balqis dan Nurhayati, (2013) Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Program Jaminan Persalinan di Puskesmas Ohoijang Maluku Tenggara, Penelitian Mandiri, Universitas Hasannudin.

Kotler, P dan Keller, K. L., (2009) Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1, Terjemahan oleh Adi Maulana dan Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.

Lestari Handayani, N.A. Ma’ruf dan Evie Sopacua, (2010) Peran Tenaga Kesehatan Sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan Puskesmas, Buletin Penelitian Sistim Kesehatan, Vol. 13, No. 1, Januari 2010.

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A., (2006) Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mariaty Silalahi, (2007) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dalam Kaitannya Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Malahayati Medan, Skripsi, Sekolah Pascasarjana, universitas Sumatera Utara.

Pappu, R., dan Quester, P., (2006) Does Customer Satisfaction Lead to Improved Brand Equity? An Empirical Examination of Two Categories of Retail Brands, Journal of Product and Brand Management, Vol. 15, pp. 4-14.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L., (1988) A Conceptual Model of Service Quality And Its Implications for Future Research. The Journal of Marketing, 49Lovelock, 2000)

Pizam, A. and Ellis, T., (1999) Customer Satisfaction and its Measurement in Hospitality Enterprises, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 11, No. 7, pp 326-339.

Priyatno, D., (2012) Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS, Andi, Yogyakarta.

Rahadi Firta Nova, (2010) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. PKU Muhammadiyah Surakarta, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rikhly Faradisy Mursyida, Atik Mawarni dan Farid Agushybana, (2012) Kepuasan Ibu Hamil dan Persepsi Kualitas Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Tanjung Kabupaten Sampang Madura, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 11, No. 2 Oktober 2012.

Sunyoto, D., (2012) Analisis Validitas & Asumsi Klasik, Gava Media, Yogyakarta.

Supranto, J.,(2001 )Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tam, Jackie L. M (2004) Customer Satisfaction, Service Quality and Perceived Value: An Integrative Model, Journal of Marketing Management, Vol. 20, pp. 897-917.

Tjiptono, F dan Gregorius, C., (2005) Service, Quality, and Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset.

Valentina Anissa Febriani, (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pasien Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo), Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Westbrook, R.A., (1980) Intrapersonal Affective Influences on Consumer Satisfaction with Products, Journal of Consumer Research, Vol. 7, pp. 49-54




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/sosoq.v7i1.984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Soso-Q: Jurnal Manajemen has been Indexed by:
issn  crossref  google-scholar  garuda-ristekbrin

Soso-Q: Jurnal Manajemen
p-ISSN: 2086-390X | e-ISSN: 2614-0012
Published by Soso-Q: Jurnal Manajemen, part of the Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura.