Strategi Management Stress Orangtua Selama Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Strategi management stress pada orang tua merupakan suatu cara atau tindakan yang dilakukan orangtua sebagai upaya menghindari ataupun mengurangi kemungkinan terjadinya gejala-gejala stress, sehingga kemampuan mengelola stress dapat dioptimalkan dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Gejala-gejala yang timbul akibat stress salah satunya dapat mempengaruhi pola pikir individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor yang dapat mempengaruhi timbulnya gejala stress pada orang tua khususnya pada saat memberikan pendampingan kepada anak selama pembelajaran jarak jauh. Sekaligus untuk mengetahui dan memahami strategi dalam manajemen stress. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, karena hendak memaknai suatu fenomena dan menarik simpulan berdasarkan hasil analisa lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum mengimplementasikan manajemen stress, maka terlebih dahulu mengenali jenis stress yang dialami orang tua kemudian melakukan identifikasi stressor (factor penyebab stress orang tua). Selanjutnya implementasi strategi manajemen stress orangtua selama mendampingi anak dalam pembelajaran jarak jauh, dapat dilakukan dengan 1)Strategi fisik, 2)Strategi psikologis, 3)Strategi kognitif, 4)Strategi manajemen waktu, dan 5)Strategi spiritual (keyakinan). Sehingga individu dapat merubah keadaan distress (stress yang tidak baik) menjadi eustress (stress yang baik).
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1269
Refbacks
- There are currently no refbacks.