Peran Guru BK/Konselor Dalam Pelaksanaan Konseling Untuk Siswa Di Era New Normal
Abstract
Semenjak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak hal berubah dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka di kelas, kini digantikan dengan kegiatan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh, baik dalam jaringan maupun luar jaringan. Begitu pula dengan layanan konseling, biasanya dilakukan secara tatap muka dalam ruang konseling, namun kini menggunakan teknologi berbasis internet atau media interaktif antara guru BK/Konselor dan siswa. Berbagai perubahan pada era new normal ini berdampak pada psikologis siswa, baik berkenaan dengan bidang belajar, pribadi, sosial dan kariernya. Sehingga peran guru BK/Konselor dalam pelaksanaan layanan konseling kepada siswa dapat meningkatkan kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan, membawa semangat baru, membantu siswa mengatasi kesulitan belajar secara e-learning, melakukan layanan konsultasi kepada orangtua siswa berkenaan gaya belajar siswa agar tercapai kemandirian siswa dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, guru BK/Konselor perlu menguasai berbagai aplikasi media sosial seperti ruang belajar, ruang guru, google classroom, google formulir, whatsapps, youtube, zoom meeting, facebook dan lain-lain agar digunakan dalam pelaksanan konseling kepada siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1267
Refbacks
- There are currently no refbacks.