Penerapan Psikoedukasi “M-Health” Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Mahasiswa Fkip Universitas Pattimura

Jeanete Ophilia Papilaya, Paul Arjanto

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masahasiswa akan kesehatan mental melalui modul psikoedukasi m-Health mahasiswa FKIP Universitas Pattimura. Penelitian dilakukan pada FKIP Universitas Pattimura. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan mahasiswa FKIP Universitas Pattimura. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Teknik ini digunakan untuk pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak. Variable yang diukur pada penelitian ini adalah literasi Kesehatan mental mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pertama, Kuisioner Literasi dan Stigma Kesehatan Mental yang diadaptasi dari Mental Health Literacy and Stigma Questionnaire yang disusun oleh Reavley & Jorm (2011) yang terdiri dari 13 aitem pertanyaan. Kedua, cek Manipulasi dengan Tes Pengetahuan Kesehatan Mental mahasiswa yang disusun oleh peneliti dan terdiri 14 aitem yang berkaitan dengan aspek Psikoedukasi M-health. Ketiga, Modul Psikoedukasi M-health yang disusun oleh peneliti. Hasil penghitungan rata-rata pretest pengetahuan pada kelompok eksperimen lebih rendah (M=10,67, SD=2,093) dibandingkan dengan kelompok control (M=11,73, SD=1,438). Akan tetapi pada saat posttest rata-rata pengetahuan kelompok eksperimen lebih tinggi (M=11,93, SD=1,534) dibandingkan dengan kelompok control (M=11,13, SD=1,552). Pada kelompok eksperimen, terjadi peningkatan skor pengetahuan kesehatan mental rata-rata sebesar 1,26 poin. Sedangkan pada kelompok kontrol, terjadi penurunan skor pengetahuan kesehatan mental siswa sebesar rata-rata 0,6 poin. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa meskipun tidak ada peningkatan yang signifikan pada literasi kesehatan mental pada mahasiswa FKIP Universitas Pattimura tidak signifikan. Hasil analisis dengan analisis varians menunjukkan tidak adanya interaksi yang signifikan antara Psikoedukasi m-health dengan peningkatan literasi kesehatan mental pada kelompok eksperimen (F = 0,601, p = 0,445 > 0,01).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.