Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ikhlas Ambon

Darsih Rumadaul, Theophany Rampisela, Prisca Diantra Sampe

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa Mts Nurul Ikhlas Ambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 73 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua populasi diambil sebagai sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar, dimana r hitung 111 lebih dan r tabel 0.348 lebih kecil dari 0,5. Dengan demikian, semakin baik lingkungan keluarga maka akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.