Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMK Negeri 4 Ambon
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X SMK Negeri 4 Ambon. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X SMK Negeri 4 Ambon. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa kelas X SMK Negeri 4 Ambon. Hasil reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini diuji menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,946 untuk variabel pola komunikasi keluarga dengan total sebanyak 32 item. Pada variabel kecerdasan emosional, reliabilitas skalanya sebesar 0,892 dengan total sebanyak 20 item. Hasil uji asumsi penelitian ini menunjukkan bahwa data normal dan linear sehingga uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa data penelitian memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05). Hasil tersebut mengartikan bahwa terdapat pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap kecerdasan siswa kelas X SMK Negeri 4 Ambon.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1263
Refbacks
- There are currently no refbacks.