Penggunaan Terapi Film Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik SMP

Rusnawati Ellis, Neleke Huliselan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran pelaku bullying pada peserta didik SMP di kota Ambon dan untuk merumuskan dan mengembangkan secara hipotetik panduan terapi film untuk mereduksi pelaku bullying pada peserta didik SMP di Kota Ambon. Prosedur penelitian dan pengembangan digunakan berdasarkan alasan bahwa penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk yaitu model terapi film. Secara khusus, penelitian yang dilakukan pada tahun pertama berjenis penilitian kuantitatif dan kualitatif deskritif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat perilaku bullying pada peserta didik 3 sekolah SMP di Ambon secara umum berada pada dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 48 orang (64%). Hal ini berarti sebagian dari peserta didik SMP di 3 Sekolah umumnya melakukan perilaku bullying walaupun belum masuk kategori tinggi. Dari keempat aspek perilaku bullying persentase terendah berada pada aspek dimensi bullying instrumental yaitu 45 % dan persentase tertinggi yaitu 52 % berada pada aspek dimensi bullying verbal. Hasil keseluruhan uji validasi ahli terapi film secara kuantitatif menunjukkan skor 0,94 artinya produk terai film untuk mereduksi perilaku bullying peserta didik SMP di Kota Ambon, termasuk dalam kategori yang sangat sesuai. Sedangkan hasil dari uji praktisi secara kuantitatif menunjukan skor 0,99 yang berarti terapi film untuk mereduksi perilaku bullying pada peserta didik SMP termasuk dalam kategori sangat sesuai.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.