Pengembangan Bahan Ajar Statistik Deskriptif Dengan Model ADDIE

Muh. Mansyur Thalib, Abd. Munir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajara statistik deskkriptif berbasis program studi. Pengembangan bahan ajar menggunakan model ADDIE (analisis, disain, development, implementation, dan evaluation). Pengumpulan data penilaian bahan ajar dari ahli menggunakan angket tertutup (langsung), sedangkan data respon mahasiswa menggunakan angket melalui aplikasi “google form” dan soal ujian lewat whatsapp. Data penelitian dianalisis secara sederhana, yaitu teknik penjumlahan, menghitung rata-rata, kategorisasi, dan penggunaan pedoman penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Statistik Deskriptif yang dikembangkan pemperoleh hasil sebagai berikut; (a) hasil penilaian isi (materi) bahan ajar termasuk kategori baik, (b) hasil penilaian penyajian bahan ajar termasuk kategori baik, (c) hasil penilaian disain/media bahan ajar termasuk kategori sangat baik, (d) hasil penilaian bahasa bahan ajar termasuk kategori sangat baik, (e) hasil penilaian keefektifan bahan ajar termasuk kategori sangat efektif.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.