Gambaran Tingkat Pengetahuan Guru Mengenai Tahapan Perkembangan Anak Rentang Usia 4-6 Tahun Pada Aspek Seksual

Criezta Korlefura, Theophanny Rampisela, Prisca Diantra Sampe

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran pengetahuan guru TK mengenai tahapan perkembangan anak rentang usia 4-6 tahun dalam aspek seksual terkait dengan pendidikan seksual yang tepat bagi anak usia TK. Diharapkan dengan pengetahuan yang tepat mengenai tahapan perkembangan seksual yang terjadi pada anak usia 4-6 tahun, guru dapat memberikan materi pendidikan seksual dan menyampaikan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan siswa. Metode Penelitian yang dilakukan ini bersifat penelitian deskriptif. Selain itu juga menggunakan pendekatan kuantitatif juga membantu peneliti dalam mendapatkan gambaran mengenai tingkat pengetahuan guru dilihat dari skor yang dicapai melalui kuesioner. Ditambah dengan cara kuantitatif, yakni agar penelitian ini juga menggunakan metode pengambilan data kualitatif untuk saling melengkapi data penelitian. Metode yang dilakukan adalah dengan metode wawancara secara berkelompok kepada guru wali kelas menggunakan google meet. Hasil penelitian ini diketahui bahwa gambaran tingkat pengetahuan guru terhadap tahapan atau tugas perkembangan anak rentang usia 4-6 tahun pada aspek seksual ada pada kategori belum memadai. Pengetahuan yang dimiliki guru ini terlihat belum merata. Hal ini bisa disebabkan karena pengetahuan mengenai aspek seksual anak ini merupakan hal yang baru dan belum sepenuhnya guru pahami dengan baik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.