Pengembangan Modul Pembelajaran Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Aspek Sosioemosional Anak Kelas 3 Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain modul pembelajaran permainan tradisional untuk mata pelajaran PJOK dalam rangka meningkatkan aspek sosioemosional anak. Pengembangan modul ini diharakan dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampauan anak dalam pengetahuan, perkembangan emosi, interaksi sosial, kemampuan motorik, sekaligus melestarikan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Modul yang didesain akan divalidasi terlebih dahulu oleh expert kemudian diuji coba dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul permainan tradsional dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran karena anak mampu mengelola emosi dalam lingkup kehidupan sosial yang berujung pada kemandirian sosial yang dapat ditunjukan secara langsung oleh anak ketika proses pembelajaran ketika permainan berakhir.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1255
Refbacks
- There are currently no refbacks.