Keefektifan Strategi Kokreasi Terhadap Perilaku Kemandirian Anak Di Rumah Dan Sekolah Pada Taman Kanak-Kanak Rafflessia Arnoldy, Negeri Soya Kota Ambon

Herly Janet Lesilolo

Abstract


Kemandirian anak Taman Kanak-kanak untuk mengendalikan dan mengatur pikiran, perasaan dan tindakan sendiri secara bebas masih belum optimal. Kendalanya karena antara guru dan orang tua belum menyepakati strategi menumbuhkembangkan kemandirian anak secara bersama. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keefektifan strategi kokreasi terhadap perilaku pemandirian anak taman kanak-kanak di rumah dan sekolah. Sampel terdiri dari 17 orang tua siswa dan 3 orang guru Taman Kanak-kanak Rafflessia Arnoldy, Negeri Soya-Kota Ambon. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan Besarnya keefektifan strategi kokreasi terhadap kebiasaan perilaku kemandirian anak di rumah dan sekolah Taman Kanak-kanak Rafflessia Arnoldy, Negeri Soya-Kota sebesar 51%. Sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil keefektifan lain ada pada nilai F hitung =2,243  F tabel 3,44 artinya strategi kokreasi efektif untuk orang tua dan guru membiasakan perilaku kemandirian anak TK di rumah dan sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.