Identifikasi Kebiasaan Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Lingkungan RT.003 RW.12 Desa Rumahtiga

Juliane Elsaphina Bora, Nicodemus Hukubun, Prisca Diantra Sampe

Abstract


Covid-19 memberikan dampak bagi Negera Indonesia khususnya pada bidang pendidikan. Sehingga pemerintah harus menerapkan kebijakan belajar jarak jauh. Kesenjangan proses belajar dari tatap muka ke proses belajar daring membuat perubahan dalam kebiasaan belajar peserta didik khususnya di lingkungan RT.003, RW.12 Desa Rumahtiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar peserta didik di rumah selama pandemi Covid-19 di lingkungan RT.003, RW.12 Desa Rumahtiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui proses pembagian angket tertulis maupun online (google form). Dalam penelitian ini responden berasal dari jenjang SD, SMP dan SMA. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 70,0% peserta didik pada jenjang SD belajar sesuai dengan jadwal pelajaran yang sudah mereka buat. Serta memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dan mencari jawaban saat ujian/ulangan berlangsung. Pada jenjang SMP diperoleh hasil sebesar 76,9% peserta didik memilih bertanya kepada guru, orang tua dan saudara di rumah tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti. Selain itu kebanyakan siswa memilih belajar di malam hari karena suasana lebih tenang. Pada jenjang SMA diperoleh hasil sebesar 53,1% peserta didik melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Namun mereka akan merasa nyaman jika belajar ditempat tidur sambil berbaring. Peserta didik juga memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, sarana berdiskusi dengan teman-teman dan sarana untuk mencari jawaban saat ujian/ulangan berlangsung.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30598/psnbk.v1i1.1251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.