EKSISTENSI LEMBAGA PENYIARAN RADIO DI KOTA AMBON

Vransisca Kissya

Abstract


RRI pada awalnya  merupakan lembaga yang di bawah naungan Departemen penerangan yang statusnya karyawanya adalah pegawai negri sipil atau PNS Salah satu jaringan RRI pusat yaitu, RRI Regional  Ambon  yang  merupakan stasion tipe B  atau stasion siaran klas B, yang berkedudukan di wilayah kota Ambon yang siaran produk sinya di bawah naunggan atau binaan RRI Jakarta,yang beroperasi pada frekuensi 3240 KHZ  dengan pemancaran berkekuatan 1KW SW dan memiliki gelombang  92,06 meter merek grates  RRI  Ambon mencoba memberikan siaran berita / informasi ,siaran pendidikan /budaya, dan hiburan untuk lingkup siaran kota /kabupaten kota bahkan kepelosok-pelosok.

Bagaimana strategi RRI Ambon  dalam membangun eksistensi sebagai lembaga penyiaran public. Adapun tujuan dari pada penelitian  untuk mengetahui strategi RRI Ambon mengunakan kekuatan membangun eksistensi sebagai  lembaga penyiaran public. Tipe penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Strategi yang di lakukan RRI Ambon dalam memperoleh dan menarik perhatian masyarkat untuk mendengar siaran- siaran yang di sajikan, Mendesain acara atau pola siaran yang menarik  dan bervariasi, Melakukan inovasi- inovasi megembangkan ide dan gagasan baru dalam melakukan siaran agar melahirkan siaran yang baru dan menarik agar membawah suasana baru  pada klayak.

Kata kunci :  Eksistensi ,Penyiaran, Radio


Full Text:

PDF

References


Asep Syamsul dan M.romli, (2009) Dasar-Dasar Siaran Radio Bandung : Nuansa.

Astuti, Santi Indra, (2008), Jurnalisme Radio : Teori Dan Praktek, Bandung Simbiosa Rekatama Media

Darmanto, Antonius (1998 ), Teknik Penulusan Naskah Acara Siaran Radio, Yogyakarta : Universitas Atmajaya.

Effendy, Onong Uchjana, (2003 ), Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Lubis, S (2007 ), Teori-Teori Komunikasi ( Sebuah Konsepsi, Analisa Dan Aplikasi, Medan.

Moeleong , Lexy J. (2012 ). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution N. ( 2017 ). Eksistensi M-Radio Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi ! (2),174-183. Doi : 10.30596/Interaksi,v li 2,1202


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats