Profil Tayangan Infotainment Di TV Indonesia

yustina Sopacua

Abstract


Infotainment adalah salah satu bentuk berita keras karena memuat informasi yang harus segera ditayangkan. Dewasa ini, infotainment disajikan dalam program berita sendiri yang terpisah dan khusus menampilkan berita-berita mengenai kehidupan selebritis. Beberapa Stasiun TV yang menayangkan program infotaintment, sebut saja Obsesi (GTV), Hot Kiss (INDOSIAR), I-Seleb (INews), Seleb On News (MNCTV), Barista/GO Spot (RCTI), Halo Seleb (SCTV), Expose (TRANS 7), INSERT (TRANS TV) dan masih banyak lagi. Bagaimana profil tayangan infotaiment di tv Indonesia. Televisi menjadi tempat penayangan utama program Infotanintment, televisi masuk kedalam salah satu saluran-saluran media massa yaitu media elektronik. Berdasarkan kajian diatas metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis kepada responden untuk di jawabnya. Kuesioner yang digunakan oleh peneliti sebagai instrumen penelitian, metode yang digunakan adalah dengan kuesioner tertutup. Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi 2021 masih banyak program infotaintment yang menayangkan berita tentang kehidupan pribadi selebritis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diberikan simpulan menurut hasil survei yang dilakukan untuk 8 program televisi (SCTV, RCTI, TRANS 7, INDOSIAR, INEWS, TRANS TV, MNC TV, GTV) menunjukan bagaimana pendapat masyarakat mengenai tayangan yang dimuat pada masing-masing program. Berdasarkan kualitas infotainment yang begitu-begitu saja, seharusnya setiap program televisi agar menampilkan tayangan yang tidak hanya sekedar menghibur namun selain memberi informasi dan edukasi pada remaja maupun anak-anak.

Kata kunci: media, televisi, infotainment, khalayak, psikologi


Full Text:

PDF

References


Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006, hlm. 65.

Fachruddin, Andi. (2017) Dasar-dasar Produksi Televisi, Jakarta: PT Fajar Intrerpratama Mandiri, hlm. 187-189.

Imam ghozali, op.cit, hlm. 47

Littlejohn, Stephen W. (1994). Theories of Human 5th Communication, Edition.

Morrison, M.A.( 2008). Media Penyiaran, Ramdina Prakassa, Jakarta.

Val E. Limburg. (1994 : 125). Electronic Media Ethics.

Cangara, Hafied. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Rajagrafindo Persada, Depok.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan (terjemahan). Jakarta: Kencana.

West, Richard & Lynn H. Turner. (2016) Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, Jakarta, Salemba Humanika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats