MEMACU KINERJA PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENGUATAN MOTIVASI PEGAWAI PADA BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI MALUKU

Petronela Sahetapy, Hengky V.R. Pattimukay, Dirk Charli Latuputty

Abstract


Tema sentral penelitian ini adalah “Memacu Kinerja Pelayanan Publik  Melalui Penguatan Motivasi Pegawai Pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku” Didesain dengan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan jumlah sampel 30 orang dan teknik analisis bersifat persentatif dan konversional melalui sosiometrik indeks status pilihan (ISP) dalam menentukan prioritas peningkatan dengan memperhatikan hubungan penguatan  motivasi pegawai dan kinerja pelayanan publik. Hasil analisis membuktikan bahwa penguatan motivasi pegawai memiliki hubungan dan kontribusi yang “Kuat” bagi Kinerja Pelayanan Publik secara persentatif dan sosiometrik berdasarkan Indeks Status Pilihan (ISP:0,740) atau 74% dengan intervensi faktor lain 26%. Adanya tindak lanjut Penguatan Motivasi Pegawai dan kinerja pelayanan publik dalam bentuk normalisasi peningkatan yang diwujudkan melalui sosiogram sebagai hasil akhir yang tergambarkan dengan harapan dapat terlaksana dan tercapai secara maksimal. Temuan penelitian ini mengutamakan normalisasi peningkatan penguatan motivasi pegawai dan kinerja pelayanan publik sebagai proses tindak lanjut dengan kecenderungan yang akan mengarah pada maksimalisasi dan berimplikasi bagi perkembangan dan kemajuan pelayanan publik Pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku.

 

Kata Kunci: Motivasi Pegawai dan Kinerja Pelayanan Publik.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Ainur, Rochman dkk, 2010. Reformasi Pelayanan Publik, Malang: Program Sekolah Demokrasi.

Angriana, Widya, Resky, 2018. Tentang Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Azwar, S. 2000, Sikap Manusia, Teori dan Pengukuranya . Pustaka Pelajar Jogja Offset: Yogyakarta.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyanto, Agus, dkk, 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Hariyoso, 2002, Kualitas Pelayanan Publik, Jakarta : LAN RI

Hasibuan Melayu SP. 2005. Organisasi dan Motivasi. Jakarta (ID): PT Bumi Aksara.

_____, 2007. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Handoko T. Hani., 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

_____, 2001. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hentry, Sukmasari, 2011. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Insentif, Lingkungan Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Semarang.

Ivancevich, Lorenzi, Skinner & Crosby, 1997. Management Quality and Comppetitiveness, Chicago : Irwin.Press.

Ivancevich, John. M., Robert Konopaske, dan Michael T. Matteson. 2006, Perilaku dan Manajemen Organisasi. Edisi ketujuh, Jakarta: Erlangga.

Karhab Rinda Sandayani, Amin Jamal, Anggraeny Rosa, 2013. Analisis Kinerja Pelayanan Publik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Kota Samarinda.

Kusuma, Amir, Dalean, Indra. (2002). Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Mangkunegara, Anwar, Prabu, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

_____,2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ke-2, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

_____,2002. Perencanaan dan Pengembangan Sumber daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

_____,2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ma”rifah, 2005. Pengaruh Motivasi Kinerja dan Budaya Organisasi. Surabaya: Aneka Ilmu.

Moenir, A.S., 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.

Moenir, 2002. Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta Bina Aksara

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

_____, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasir, Moh., 2003. Metoda Penelitian, Jakarta: Ghalia

Nasution, S, 2000. Penelitian Ilmiah, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

_____, 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Penerbit Bina Aksara.

Nawawi. Hadari, 2003. Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nugroho, Riant, 2004. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwanto, Ngalim, M., 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosda.

Sanjaya Rido, 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Barat).

Sardiman, A.M., 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

_____,2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Press

_____, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Singarimbun, Masri, 2003. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Slamet, Achmad. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Unnes Press.

Sobur Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia

Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

Suharsimi, Arikunto, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sinambela, Litjen, Poltak, dkk., 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suradji, 2003, Manajemen Kepegawaian Negara, Jakarta : LAN RI

Suryabrata Sumadi. 2012. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pess.

Sutopo dan Adi Suryanto, 2003, Pelayanan Prima, Jakarta: LAN RI

Tjiptono, B., Fandi, 2000. Prinsip- Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset.

_____, 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Andi, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Pelayanan Publik.

Utomo, Warsito, 2003. Dinamika Administrasi Publik Analisis Empiris Seputar Isu-isu Kontemporer Dalam Administrasi Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Bekerjasama Dengan Program Magister Administrasi Publik Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Wijayanti, Diana, Irene Sari, 2012. Manajemen, Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Winardi, J., 2011, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Rajawali Pers, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats