EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDIDIKAN BERBASIS KINERJA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PATTIMURA

Iriane S. Ponto, Hengky V.R. Pattimukay, Petrus Berhitu

Abstract


Tema penelitian ini adalah efektivitas pengelolaan anggaran pendidikan berbasis kinerja di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pengelolaan anggaran pendidikan berbasis kinerja di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Didesain untuk memecahkan masalah yang terumuskan dalam penelitian dengan menampilkan bentuk desain yang bersifat kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian 18 orang. Analisis secara kuantitatif yang bersifat persentatif dan dikonversikan secara sosiometrik. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai persentase akhir yang dicapai secara keseluruhan dengan capaian rata-rata adalah CRR 46.36% masih tersisa 53.64% yang menjadi pertimbangan peningkatan dengan nilai ISP 7.92 dan fokus utamanya pada penggunaan anggaran pendidikan secara cepat dan tepat dalam membiayai pengembangan fakultas dan menjaga kestabilan dan keseimbangan anggaran pendidikan dalam operasionalisasi kegiatan fakultas.

Kata Kunci: Efektivitas Pengelolaan, Anggaran Pendidikan, Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Mardiasmo, 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: Andi.

Moekijat, 2001. Fungsi-fungsi Manajemen, Edisi Pertama, Bandung: Mandar Maju.

Nasir, Moh, 2003. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia.

Panglaykim dan Hazil, 1997. Management Suatu Pengatar, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riduwan, 2003. Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta

Terry, George, R. 1991, Asas-asas Manajemen, Trj. Winardi, Bandung: Alumni.

Supriyono, R. A.,1999. Sistem Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: BPFE.

Halim, Abdul, 2004. Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN.

Penelitian dan Jurnal:

Asmoko, Hindri, 2006. Pengaruh Penganggaran Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Pengendalian (Online) tersedia di http://www.ebooklibs.com

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), 2005. Prinsip-prinsip Anggaran Berbasis Kinerja.

Oktavia, Linda, Dwi, 2009. Pengaruh Suku Bunga SBI, Nilai Tukar Rupiah dan Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Privatisasi (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK)

Puspaningsih Abriyani, 2002. Pengaruh Paartisipasi dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja. Vol. 6 No. 2, Desember 2002.

Dokumen-Dokumen:

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0170/O/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pattimura.

Pepres Nomor 81 Tahun 2012.

PP Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

PP 21 Tahun 2004.

UUD RI Tahun 1945.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats