Gaya Kepemimpinan Visioner Berbasis Kompetensi

Hengky Pattimukay, Samson Laurens, Neima Nurjannah

Abstract


Gaya kepemimpinan visioner berbasis kompetensi merupakan gaya kepemimpinan yang khas dan unik, yang minarik untuk dikaji secara teoritis, yang mana melalui kajian ini menggambarkan bahwa konsep yang dianggap tepat mewakili gaya kepemimpinan visioner yang tertuju pada kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin visioner, dan dirancang sebagai salah satu model teoritis gaya kepemimpinan visioner yang dapat digunakan sebagai dasar konstruksi pemikiran yang disintesiskan dari kajian teoritis berdasarkan pendekatan teori Brown (Ardi, 2011). Model teoritis ini dapat mengungkap gaya kepemimpinan visioner dalam suatu organisasi dengan tidak terlepas dari fokus orientasinya, yakni selain dikaji secara teoritis perlu juga buktikan secara empiris sehingga akan berimplikasi bagi pencapaian tujuan suatu organisasi.

 

Kata Kunci: Model Teoritis, Gaya Kepemimpinan Visioner, Kompetensi


References


Adityawan Mohamad Rizal, 2019. Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Darul Muta’alimin Tawangsari Taman-Sidoarjo. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Adrian Restu, Niswati Wilda Ayu, Lestari Febrian Ika, 2014. Kepemimpinan Strategis Visioner, Makalah. Program Pascasarjana Magister Kebijakan Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ardi, Havid. 2011. Kepemimpinan Dalam Organisasi, (Online), http://callhavid.wordpress.com/2011/04/30/kepemimpinan-dalam-organisasi/,

Aruna Anisa, 2019. Kepemimpinan Visioner, (annisarunatulisanannisa.blogspot.com)

Cristianingsih,” Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Kinerja Dosen Terhadap mutu Perguruan Tinggi,” Jurnal administrasi pendidikan 13, No. 2 (Oktober 2011)

Pio Eunike Anggie dan Sendow Greis, 2015 “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner, Kompensasi Tidak Langsung Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBAVol.3 No.3 Sept. 2015, ISSN 2303-11, Hal.1140-115

Mulya, Hidayat, Aldi, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus The British Institute Cibubur, Depok dan Kota Wisata). thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta. - UMB Repository (mercubuana.ac.id)

Hardjapamekas, Eri Riyana, 2000. Esensi Kepemimpinan Mewujudkan Visi Menjadi Aksi, Jakarta: Alex Media Komputindo.

Komariah, Aan, dan Triatna, 2006. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif Jakarta: Bumi Aksara.

Kuntho, Syerly Ade. 2011. Kepemimpinan Visioner, (Online), http://edukonten.blogspot.com/2011/08/kepemimpinan-visioner.html,

Mulyadi, Deddi. dan Veithzal Rivai. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nanus Burt, 2001. Visionary Leadhership: Creating a Compeling Sense Of Direction For Your Organization, San francisco, L.A: jossey bass publishers.

Satiman, Sri Wahyuni, 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Lulusan di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan.

Sianipar, Obey Wibinov. 2010. Kepemimpinan Visioner Ala Ki Hajar Dewantara, (Online), http://kem.ami.or.id/2011/10/kepemimpinan-visioner/

Suprayitno. 2007. Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Vol 2 No.1. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia.

Wahyudi, 2009 Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Wirjana Bernadine W., dan Supardo Susilo, 2005. Kepemimpinan: Dasar-dasar dan Pengembangannya, Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats