POLA KOMUNIKASI TATA KELOLA RESTRUKTURISASI (STUDI KASUS REORGANISASI BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN KOTA AMBON)

Rido Latuheru

Abstract


Latar belakang masalah dari penelitian ini menyangkut Pola Komunikasi organisasi dalam hal ini Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon, Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pola komunikasi dalam struktur organisasi merupakan  bentuk interaksi pertukaran pesan antar anggota organisasi, baik komunikasi secara verbal maupun non verbal. Untuk itu diperlukan wujud poa komunikasi antara atasan dan bawahan dan bawahan dengan bawahan sehingga proses pekerjaan kantor dan penyelesaian tugas dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Rumusan masalah Bagaimana Pola Komunikasi Tata Kelola Restrukturisasi yang  terjadi pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon?

Tujuan penelitian 1) Mengetahui sejauh mana kesesuaian Restrukturisasi organisasi perangkat daerah pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon. 2) Untuk mengetahui, dan memahami Pola Komunikasi pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon. 3) Pola Komunikasi dan Koordinasi yang ditimbulkan pasca di Restrukturisasi.

Metode penelitian menyangkut : 1) Tempat penelitian di laksanakan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon. 2) Pendekatan  penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. 3) Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Dokumentasi, Deep Interview, Library research.

Hasil penelitian dalam bentuk kesimpulan bahwa adanya langkah prefentif dari pimpinan pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Ambon dalam merumuskan adanya pola komunikasi selain itu juga proses restrukturisasi organisasi yang ada telah mengedepankan konsep miskin struktur kaya fungsi sehingga dapat menunjang proses kerja pegawai.


Full Text:

PDF

References


Arni M, 2005, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Pertama, P.T. Remaja Rosda karya, Bandung

Cushway, B dan Fodge, 2002. Organizational Behaviour and Design. Gramedia Jakarta.

Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Onong Uchayana Effendi, 2005, Komunikasi Dan Modernisasi, Mandar Maju, Bandung

Ronny Kountur, 2004, Metode Penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis, PPM, Jakarta

Sedarmayanti, 2000, Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan, CV. Mandar Maju, Jakarta.

Syaiful Rohim, 2009, Teori Komunikasi perspektif ragam aplikasi, Rineka Cipta, Jakarta

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang pedoman Organisasi Perangkat Daerah.

Wayne, 2006, Komunikasi Organisasi, Alih Bahasa, Deddy Mulyana, P.T. Remaja Rosda karya, Bandung.

Werner Severin dan james Tankard, 2009, Teori Komunikasi (sejarah, metode dan terapan dalam media massa), Kencana Prenada Media Group, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats