MEDIA SEBAGAI SARANA SOSILISASI POLITIK DALAM PILKADA

DLY Lopulalan

Abstract


Terbatasnya ruang politik, kurangnya pemahaman masyarakat tentang peraturan perundang-undangan yang ada serta kurangnya sosialisasi politik pada masyarakat berakibat pada kurangnya partisipasi masyarakat dalam pilkada. Karena itu sosialisasi pilkada sebagai bentuk pendidikan politik masyarakat perlu dilaksanakan. Sosialisasi dapat dilakukan melalui media dengan cara memberikan informasi yang benar dan seimbang mengenai pilkada. Di satu sisi keberadaan media seringkali belum dapat dimanfaatkan masyarakat secara optimal. Preferensi masyarakat atas pilihan politik tidak selalu bersifat rasional. Informasi media; kampanye dan iklan politik tidak banyak mempengaruhi pertimbangan politik masyarakat. Ikatan-ikatan primordial dan ketokohan masih menjadi alasan memilih kandidat dalam pemilihan. Konstituen cenderung bersikap sebagai pemilih konservatif.

Full Text:

PDF

References


Bernard, Lazarsfeld P.J., dan McPhee, W.N. (1954) Voting: A Study of Opinion Formation in a Presidential Campaign. Chicago: Chicago University Press.

Effendi, Onong, Uchjana. 1981. Dinamika Komunikasi. Remaja Karya. Bandung

McLeod, Jack dan Byron Reeves (1981), “On the Nature of Media Effects”, dalam G. Cleveland Wilhoit & Harold deBock (Editors). Mass Communication Review Yearbook, Vol. 2. Beverly Hills: Sage Publications, hal. 245-282.

Soemarno, A.P. 2001. Komunikasi Politik. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats