KELAYAKAN USAHA PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN JARING INSANG (GILL NET) DI WADUK JATIGEDE KABUPATEN SUMEDANG

Wahyu Setiawan, Atikah Nurhayati, Titin Herawati, Asep Agus Handaka

Abstract


Jaring insang merupakan salah satu alat tangkap yang digunakan oleh penangkap ikan di Waduk Jatigede. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha penangkapan ikan menggunakan jaring insang (gill net) di Waduk Jatigede. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data (observasi, kuesioner, studi literatur) dan metode analisis data (analisis kelayakan usaha). Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan acuan bagi pihak-pihak yang akan mengembangkan usaha penangkapan ikan dengan alat tangkap jaring insang di Waduk Jatigede. Hasil analisis kelayakan usaha penangkapan ikan menggunakan jaring insang di Waduk Jatigede adalah Nilai keuntungan Rp. 70.890.000, Break Even Point harga dan produksi (seluruh jenis ikan) Rp. 4.154/kg dan 2.136 kg dalam 1 tahun, Benefit Cost Ratio 3,37, Payback Period 2 bulan dan Net Present Value  > 1 Rp. 52.820.243, maka usaha penangkapan ikan menggunakan jaring insang di Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang layak untuk dikembangkan.


Keywords


jaring insang (gill net), kelayakan usaha, Waduk Jatigede

Full Text:

PDF

References


Berlia, M., I. Gumilar, L. Yuliadi, dan A. Nurhayati. 2017. Analisis Usaha dan Nilai Tambah Produk Kerupuk Berbahan Baku Ikan dan Udang. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Vol. VIII No.2 (118-125). Universitas Padjadjaran.

Husnan S., dan Pudjiastuti E. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi ke-4. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Pencetakan AMP YKPN.

Profil Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2013. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sumedang. http://perpustakaan.bappenas.go.id/lontar/file?file=digital/141541-[_Konten_]-Konten%20C9923.pdf. Diakses tanggal 20 Maret 2017 pukul 19.40 WIB.

Riyanto. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4. BPFE. Yogyakarta.

Rustijarno, S. 2007. Kelayakan Finansial Usaha Penangkapan Ikan di Pantai Trisik, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Perikanan (J. Fish. Sci.) IX (1): 161-166.

Singarimbun, M dan S. Effendi. 2008. Metode Penelitian Survey. LP3S. Jakarta.

Sugiarto et al. 2002. Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan)

Jurnal Papalele Terindex

 View My Stats

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.