EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP STELLA MATUTINA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nujwari Palupi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Stella Matutina Salatiga. Jenis penelitian yang dipakai peneliti adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian berdasarkan teori Nahartyo (2012). Subjek penelitian adalah kelas VIII B dan C SMP Stella Matutina Salatiga yang berjumlah 44 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok kelas yang masing-masing terdapat 22 siswa pada kelas control dan 22 siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data percaya diri menggunakan angket berpedoman pada teori Lauster dalam Sukmasari (2017). Metode analisis data yang digunakan adalah Mann-Withney U Test dan Kolmogorov-Smirnov. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil sig (2-tailed) = 0,117 (Mann-Withney U Test) dan 0,215 (Kolmogorov-Smirnov) > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan antara kelas yang menggunakan media ataupun tidak menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa peningkatkan rasa percaya diri siswa melalui layanan bimbingan klasikal tidak semata-mata dipengaruhi oleh media BK namun oleh faktor-faktor lain yang lebih dominan.


Keywords


Media Film, Layanan Informasi, Rasa Percaya Diri.

Full Text:

PDF

References


Aristiani, R. (2016). MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN AUDIOVISUAL. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Dwikurnaningsih, Y. (2016). Media Bimbingan dan Konseling. Salatiga: Widya Sari Press.

Dwikurnaningsih, Y. (2018). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(2).

Erikson. (1950). Childhood and society. New York: W.W. Norton.

Hikmah, L. (2017). Efektivitas Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jogiyanto. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi. Semarang: Andi.

Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mona Ganiem, L. (2015). Personal social responsibility : aku, kamu, kita bisa. Semarang: Kencana.

Muhadim. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Film Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Metro. UM Metro.

Naharyanto, E. (2012). Desain dan Implementasi Riset Eksperimen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Pranoto, H. (2016). UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI UTARA LAMPUNG UTARA. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1).

Qibtia, M. (2017). Pengaruh Media Video Klip dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Pembelajaran Deklamasi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saputra, Wahyu Nanda Eka. Prasetiawan, H. (2018). MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI TEKNIK COGNITIVE DEFUSION. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Siti Imro’atun. (2017). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2).

Soesilo, T. D. (2015). Penelitian Eksperimen. Salatiga: Griya Media.

Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian tindakan). Bandung: Alfabeta.

Version:1.0 StartHTML:0000000107 EndHTML:0000000392 StartFragment:0000000127 EndFragment:0000000374

Wulansari, I. N. (2019). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v%25vi%25i.977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.