EVALUASI PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM MENGIDENTIFIKASI DAN MENGASESMEN ABK PADA PADA SETTING PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK USIA DINI OLEH GURU PAUD DI KAB. JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat perolehan proses pelaksanaan plan/
perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan refleksi kegiatan lesson study dalam
mengidentifikasi dan mengasesmen Anak Berkebutuhan Khusus pada pada setting
pendidikan inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini (ABK AUD)
oleh guru Pendidkan Anak Usia Dini di Kab. Jember. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data berupa tulisan atau lisan
mengenai program lesson study dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK
pada setting pendidikan inklusif untuk ABK AUD oleh guru PAUD di Kabupaten
Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi dengan model
penelitian analisis. Pada berlangsungnya kegiatan pada kegiatan Study lesson study
dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK AUD pada setting pendidikan
inklusif untuk ABK AUD oleh guru PAUD di Kabupaten Jember diperoleh nilai
kriteria mencapai 83,5% dengan kriteria baik. Sarana dan prasarana pada proses
pembelajaran sebagai media dalam menunjang kegiatan pembelajaran berlangsung
memperoleh 81,5%. Dilihat dari aspek kualifikasi pendidikan guru memperoleh 95 %
artinya telah sesuai dengan nilai standar kualifikasi yaitu S1 dengan latarbelakang
pendidikan pendidikan PGPAUD, dari segi aspek pelatihan guru memperoleh 93,5%
telah mengikuti diklat dan 85% guru telah memperoleh sertifikasi. Ketercapaian
perencanaan pembelajaran telah sesuai dengan standar proses dengan perolehan
86,29% yaitu kriteria baik. Kriteria dengan penilaian baik menunjukkan bahwasannya
pemateri memiliki kualitas kompetensi dalam perencanaan pembelajaran, diantaranya
kemampuan guru memformulasikan goal pembelajaran pada materi telah sesuai
dengan karakteristik ABK. Hasil penelitian menunjukkan mengungkapkan bahwa
dampak dari kegiatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan lesson
study dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK pada setting pendidikan
inklusif untuk ABK AUD oleh Guru Pendidkan Anak Usia Dini di Kab.Jember dalam
kriteria cukup baik.
perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan refleksi kegiatan lesson study dalam
mengidentifikasi dan mengasesmen Anak Berkebutuhan Khusus pada pada setting
pendidikan inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini (ABK AUD)
oleh guru Pendidkan Anak Usia Dini di Kab. Jember. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data berupa tulisan atau lisan
mengenai program lesson study dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK
pada setting pendidikan inklusif untuk ABK AUD oleh guru PAUD di Kabupaten
Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi dengan model
penelitian analisis. Pada berlangsungnya kegiatan pada kegiatan Study lesson study
dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK AUD pada setting pendidikan
inklusif untuk ABK AUD oleh guru PAUD di Kabupaten Jember diperoleh nilai
kriteria mencapai 83,5% dengan kriteria baik. Sarana dan prasarana pada proses
pembelajaran sebagai media dalam menunjang kegiatan pembelajaran berlangsung
memperoleh 81,5%. Dilihat dari aspek kualifikasi pendidikan guru memperoleh 95 %
artinya telah sesuai dengan nilai standar kualifikasi yaitu S1 dengan latarbelakang
pendidikan pendidikan PGPAUD, dari segi aspek pelatihan guru memperoleh 93,5%
telah mengikuti diklat dan 85% guru telah memperoleh sertifikasi. Ketercapaian
perencanaan pembelajaran telah sesuai dengan standar proses dengan perolehan
86,29% yaitu kriteria baik. Kriteria dengan penilaian baik menunjukkan bahwasannya
pemateri memiliki kualitas kompetensi dalam perencanaan pembelajaran, diantaranya
kemampuan guru memformulasikan goal pembelajaran pada materi telah sesuai
dengan karakteristik ABK. Hasil penelitian menunjukkan mengungkapkan bahwa
dampak dari kegiatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan lesson
study dalam mengidentifikasi dan mengasesmen ABK pada setting pendidikan
inklusif untuk ABK AUD oleh Guru Pendidkan Anak Usia Dini di Kab.Jember dalam
kriteria cukup baik.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.