PENERAPAN PLAY THERAPY DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIO EMOSIONAL
Abstract
Keterampilan sosio-emosional sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Salah satu intervensi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan sosio emosional yakni melalui penerapan play therapy dengan menggunakan permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penerapan play therapy dengan menggunakan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan sosio emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 21 penghuni panti asuhan yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yakni Social Emotional Competence Questionnaire (SECQ) yang dikembangkan oleh Zhou & Ee. Data tentang keterampilan sosio emosional dianalisis dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Ranks Test. Temuan dari penelitian ini yakni terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan sosio emosional penghuni panti asuhan sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa play therapy dengan menggunakan permainan tradisional. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosio emosional dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan play therapy dengan menggunakan permainan tradisional. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya melaksanakan play therapy di panti asuhan oleh pakar/ahli sehingga dapat membantu penghuni panti asuhan untuk mencapai kehidupan yang efektif.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.