PROSES PEMBELAJARAN YANG DEMOKRATIS DI SEKOLAH (STUDI DI SMA KOLESE DE BERITTO YOGYAKARTA)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendalami proses pembelajaran yang demokratis di SMA Kolese De Britto Yogyakarta sebagai upaya menemukan cara demokratis dalam sistem pembelajarandi sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik guna menganalisis pembelajaran yang demokratis secara alamiah (natural setting). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, staf admnistrasi, guru, dan siswa. Objek penelitian adalah keseluruhan gejala dan perilaku demokratis dalam orientasi kurikulum dan proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah kepala sekolah, staf admnistrasi, guru, dan siswa.
Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran yang demokratis di sekolah dilakukan dengan membumikan lingkungan sekolah menjadi dunia sosial dengan mengedepankan proses pembelajaran bebas dan bertanggungjawab. Guru dan siswa menjadi pelaku-pelaku demokratis yang membebaskan diri dari pengaruh indoktrinasi dan otoritas, 2) Kurikulum yang demokratis mencirikan masyarakat kecil yang hidup dengan struktur dan perilaku sosial. Menjunjung hak-hak asasi manusia melalui mekanisme sistem pendidikan manusiawi. Aktivitas pembelajaran menekankan dialog yang proaktif melalui pemecahan masalah dan berpikir kritis, kelompok kerja dan pengembangan keterampilan sosial, dan 3) Peran guru dan siswa, berelasi dan berinteraksi dengan perilaku saling mempengaruhi, saling ketergantungan, partisipasi dan kooperatif. Guru memberikan jalur bagi siswa mengeksplorasi nilai, makna, dan pilihan siswa sendiri melalui agar bekerja sama mengembangkan langkah-langkah pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Demokrasi di Sekolah
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.