Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahri, S. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
De Carlo, A., Dal Corso, L., Carluccio, F., Colledani, D., & Falco, A. (2020). Positive Supervisor Behaviors and Employee Performance: The Serial Mediation of Workplace Spirituality and Work Engagement. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01834
Hafid, H. (2019). Pendidik Profesional. Tafhim Al-’Ilmi. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i1.3554
Imelda, I. (2020). Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25444
Masmin, D. N. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648
Matondang, L., & Syahril, S. (2021). Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1334
Mulyanto, A. I. (2019). Studi Korelasi antara Kualitas, Profesionalisme dan Komitmen dengan Kinerja Guru SMAN 28 Kab. Tangerang. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi. https://doi.org/10.33592/perspektif.v1i1.79
Nurcholiq, M. (2018). Supervisi Klinis. Journal Evaluasi. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62
Rahman, N., Indra, H., & Herawati, H. (2019). Program Supervisi Klinis di SMA. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education. https://doi.org/10.32832/itjmie.v1i1.2704
Safaatillah, N. (2016). Penerapan Supervisi Pendidikan Kontekstual Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMA DR.Soetomo Surabaya. Jurnal Ekbis. https://doi.org/10.30736/ekbis.v15i1.20
Saleh, M. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru DI SMAN 2 Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i1.590
Selatan, D. J. (2014). Profil Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Unggulan. Januari.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Sujiyati. (2016). Tesis Implementasi Model Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pai. Tesis.
Penning de Vries, J., Knies, E., & Leisink, P. (2022). Shared Perceptions of Supervisor Support: What Processes Make Supervisors and Employees See Eye to Eye? Review of Public Personnel Administration. https://doi.org/10.1177/0734371X20942814
Winaryo, S. (2020). Evaluasi Program Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas Dan Terakses jenjang pendidikan dasar di provinsi kalimantan Tengah. Equity In Education Journal. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1679
DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v6i2.1733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP).
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +628114378333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: paul.arjanto@lecturer.unpatti.ac.id
Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.