Layanan Konseling bagi Siswa yang Mengalami Masalah Belajar di MAS Al Washliyah Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara

Saiful Akhyar Lubis, Abdurrahman Abdurrahman, Muhammad Zein Damanik, Rahmadi Ali

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis mengenai jenis-jenis masalah dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Tanjung Tiram di kabupaten Batu Bara. Dikatakan masalah dalam diri seseorang, bukan hanya berdampak kepada sifat negative-nya saja, akan tetapi siswa yang terlalu berambisi dan kepintarannya diatas rata-rata-pun dapat juga menjadi masalah. Masalah bagi siapa? Melalui   penelitian ini, maka akan diketahui nantinya bentuk-bentuk permasalahan yang sering dialami oleh siswa pada umumnya, serta yang akan membawa obat penenang dari masalah tersebut adalah para guru yang berprofesi di Madrasah. Perlu diketahui, yang disebut guru pembimbing dalam penelitian ini adalah guru BK dan guru kelas yang akan menjadi detektif bagi anak didiknya pada masing-masing kelas. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, dapat diketahui bentuk-bentuk masalah yang terjadi dan dialami oleh siswa/I Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Tiram berupa, siswa sering; tidak masuk kelas, gemar permisi, tidak melaksanakan tugas, dan kurang lengkapnya sarana prasarana yang ada pada Madrasah Aliyah Swasta Tanjung Tiram tesebut, sehingga berakibat sering terjadi kealfaan siswa dalam belajar. Selain itu, adapun pelaksanaan bimbingan dalam menyelesaikan masalah belajar yang diterapkan di MAS Al Washliyah adalah berupa layanan-layanan dalam konseling. Diantaranya; layanan bimbingan konseling kelompok, layanan penempatan dan penyaluran, layananan pembelajaran/penguasaan konten serta layanan informasi dan orientasi.

 

Kata Kunci: Layanan Konseling; Siswa Bermasalah; Pembelajaran

                                                                                                                

ABSTRACT

This study aims to find out, analyze about the forms of problems experienced by students in Al Washliyah Private Alyahliyah Madrasah Tanjung Tiram in Batu Bara District, as well as how the concept of tutoring is applied to Tanjung Tiram Aliyah Madrasah, Batu Bara. The problem in this case in the problem of students participating in learning at school. Where there is a problem, then rest assured there is a cure (solution). A problem for who? Through this research, it will be known later the forms of problems that are often experienced by students in general, and who will bring a sedative from the problem are the teachers who work at this Aliyah Madrasah. Please note, what is called the supervising teacher in this study is the class teacher who will be a detective for their students in each class. As for the conclusions of this study, it can be seen the forms of problems that occur and are experienced by students in Tanjung Tiram Private Aliyah Madrasah in the form of students often; do not go to class, like to excuse me, do not carry out the task, and the incompleteness of the existing infrastructure in the Tanjung Tiram Aliyah Private Madrasah so that often results in the absence of students in learning. In addition, as for the concepts applied to the Tanjung Tiram Aliyah Private Islamic School in Batu Bara, namely: understanding the meaning of tutoring, understanding the functions, benefits, and objectives of tutoring, as well as complying with the steps of tutoring. Based on the results of the analysis, the teachers have tried their best to carry out their professional duties, but the students at Tanjung Tiram Private Aliyah Madrasahs still cannot carry out the disciplines that are applied to Tanjung Tiram Private Aliyah Madrasas in Batu Bara Regency properly.

 

Keywords: Counseling Services; Students with Problems, Learning


Full Text:

PDF

References


Alquran & Terjemah

Abdurrahman. (2019). Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing.

Aisyah, Siti. (2015). Perkembangan Peserta Didik & Bimbingan Belajar, Cet. 1, Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Amin, Samsul Munir. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah.

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1989). Ushul al Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha fi al Bayt wa al Madrasah wa al Mujtama, terj. Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV. Diponegoro.

Arifin, MN. (2016). “Peranan Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Permasalahan Kesulitan Belajar pada Siswa SMPN 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016” Disertasi, Universitas PGRI Yogyakarta.

Baharuddin. (2004). Paradigma Psikologi Islam: Studi tentang Elemen Psikologi dari Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, Syaiful. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional Indonesia.

Creswell, Jhon W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. 3.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Darnim, Sudarman dan Khairil. (2011). Psikologi Pendidikan: dalam Perspektif Baru, Bandung: CV. Alfabeta.

Djumhur. (1999). Bimbingan dan penyuluhan di Sekolah (Guidance and Counseling), Bandung: Ilmu.

Entang, M. (1983). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi, Jakarta: Dep. Pend. & Keb.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamzah, B. Uno. (2008). Model Pembelajaran, Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Hartono, dkk. (2012). Psikologi Konseling Edisi Revisi, Surabaya: Kencana.

Kamisa. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 1, Surabaya: CV Cahaya Agency.

Lubis, Lahmudin. (2009). Bimbingan Konseling dalam Perspektif Islam, (ed), Syukur Khalil, Bandung: Media Perintis.

Latipuh. (2005). psikologi Konseling, Malang: Umm.

McLeod, Jhon. (2008). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus, terj. A.K. Anwar, Cet. 2, Ed. 3, Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kuallitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun dan Patoni, Achmad. (2007). Materi Penyusunan Desain Pembelajaran PAI (MPDP PAI), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Jakarta: Rajawali Pers.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT. Rafika Aditama.

Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Salahudin, Anas. (2008). Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Pustaka Setia.

Salim dan Syahrum. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 6, Bandung: Citapustaka Media.

Samsudin, A. (2015). “Program Bimbingan Belajar Berdasarkan Pemahaman Siswa Tentang Faktor Penyebab Kesulitan Belajar” Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Saam, Zulfan. (2014). Psikologi Konseling, Cet. 2, Ed. 1, Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta: Prenedia Media Group.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: PT RINEKA CIPTA, cet. 10.

Suherman. (2015). “Bimbingan Belajar” dalam Jurnal Ilmiah, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sujadna S. Dkk. (2001). Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.

Sukardi. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: pustaka Setia.

Sukardi, D. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, Cet. 8.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Yogyakarta: Pustaka Bani Quraisy.

Suryabrata, Sumardi. (2008). Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utsman, Basyirudin. (2002). Metodologi Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan Konseling Studi dan Karir, Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel, WS. (1985). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, Jakarta: Gramedia.

Yadi, Raini “Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Peserta Didik,” dalam JMBK, vol. II.

Zuhairini. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksar




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v6i1.1602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +62811-4378-333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: bkt@fkip.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.