KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING SISWA SMA DI HALMAHERA UTARA

Sahrestia Kartianti, Sukitman Asgar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  dan menganalisis penerapan konseling kelompok dengan pendekatan eksistensial humanistik untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMA di Halmahera Utara serta mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan konseling kelompok dengan pendekatan eksistensial humanistik  untuk mereduksi perilaku bullying siswa SMA di Halmahera Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre test-post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku bullying. Hasil uji pre test dan post test diperoleh nilai t hitung (4.749) > t tabel (2.228) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata perilaku bullying siswa SMA antara kelompok sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sebaiknya untuk pihak sekolah dapat memberikan perhatian dan juga penanganan terhadap permasalahan siswa sesuai dengan kebutuhan, karakter dan jenis permasalahannya seperti dengan melakukan proses konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan tertentu.

Keywords


konseling kelompok;eksistensial humanistik;perilaku bullying

Full Text:

PDF

References


Corey, G. 2011. Theory and Practice of Group Counseling, eighth edition. Canada: Cencage learning.

Hasna, Afra.2019. Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk

Melatih Penyesuaian Diri Melalui Randai Dari Minangkabau [Group Counseling Using

An Existential-Humanistic Approach To Develop Self-Adjustment Combined With The

Expressive Arts Techniques Of Randai Of Minangkabau]. Polyglot: Jurnal Ilmiah Doi:

Dx.Doi.Org/10.19166/Pji.V15i1.1071 Vol 15, No 1 Jan 2019 Page: 124 - 139 P-Issn:

-6134 E-Issn: 2598-6759

Kartianti,Sahrestia. 2017. Peran Konselor dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di

Sekolah. Jurnal HIBUALAMO Seri Ilmu Sosial dan Kependidikan Volume 1 Nomor 1

Tahun 2017 ,Hal.34-37. ISSN: 2549-7030

Nuhrisan, Ahmad J. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan.

Bandung: Refika Aditama.

Prasetyo, Ahmad B.E. 2011. Bullying di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi No 1 Vol. IV.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Indexed by:

Connect with your Academic Account:

Dedicated to:

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +6281322999987 
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail:bkt@fkip.unpatti.ac.id., bkt.jurnal@gmail.com | cc: jeaneteophilia@gmail.com

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.