DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI TENTANG KEBIASAAN MAHASISWA BERMAIN GAME ONLINE DI UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO

meidy dewita noya, jenny marsela salamor

Abstract


Perkembangan teknologi internet saat ini berkembang sangat pesat hal ini diperkuat oleh data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJII) tahun 2015 dari total penduduk Indonesia sebanyak 255.461.124 juta, 88,1 juta ( 33%) adalah pengguna internet. Internet memberi manfaat dan kemudahan bagi penggunanya, seperti pengetahuan, pendidikan dan hiburan, salah satu produk teknologi yang  memberi manfaat hiburan serta membutuhkan internet dalam penggunaannya yaitu game online (Candra 2016).Game onlinemerupakan permainan yang dapat di akses oleh siapa saja mengunakan handponeatau komputer yang dihubungkan dengan jaringan (Adams & Rollis 2010 dalam Rahmat 2017 ).Kecanduan game onlinemerupakan salah satu masalah yang mendapat perhatian dari masyarakat luas,khususnya di Tobelo Kabupaten Halmahera Utara yang lagi marak-maraknya game online. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dampak kecanduan game onlinemahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Hein Namotemo,yang merupakan salah satu kampus yang ada di Kabupaten Halmahera Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan terdapatdampak positif dan dampak negative dari game onlinedikalangan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Hein Namotemo . Dampak positif pada perilaku sosial tersebut seperti meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kinerja otak dan memacu otak dalam menerima cerita, meningkatkan kemampuan membaca, Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, Membantu bersosialisasi, meningkatkan dalam kemampuan mengetik, melatih kemampuan dalam berdagang, Bisa menghilangkan stress, sebagai ajang menambah teman. Dampak negatif pada perilaku sosial tersebut seperti jadi boros, menimbulkan efek ketagihan, kehidupan real menjadi berantakan, membuat orang terisolisir dengan lingkungan sekitar, mengganggu kesehatan, mengakibatkan pola makan dan tidur yang tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit.

Keywords


Kata Kunci: Dampak Kecanduan Game Online, Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Adwitiya. (2015). Perbedaan Tingkat Ketergantungan Bermain Game Online Ditinjau dari Persepsi Remaja Terhadap Pola Asuh Orangtua.

Aziz, M.S. ( 2016). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Antar Personal Siswa. Artikel Skripsi FKIP UN PGRI Kediri Tahun 2016.

Ekasari, P. (2012). Dampak Sosial Pengaruh Internet Dalam Kehidupan Remaja.

Fauziawati. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok.

I, Hallen, Bimbingan dan dan Konseling. Edisi Revisi, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), hl. 73., dikutip oleh Affiyani Pramono, “ Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif”. Jurnal Bimbingan Konseling Vol. 2 (Februari, 2013),h. 100: Pustaka Pelajar.

Kurniawan Edi Drajat. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling, 1, 97-103.

Nursiati Wahyu Candra. 2018. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Pada Siswa X-XI Di SMA N 1 Kwadungan Kabupaten Ngawi.repository.stikes-bhm.ac.di

Pranoto. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua tentang Game Online Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja Awal Di Wilayah Kelurahan Togomas Kecamatan Lowokwaru Malang.

Qomariah. (2010). Perilaku Pengguna Internet Pada KalanganRemaja Di Perkotaan.

Rachmawati, P. ( 2015). Pengaruh Motivasi Bermain Game Online MMORPG dan Dukungan Sosial Terhadap Adiksi Game Online. UIN.

Ratnasari Candra Dewi. 2016. Gambaran kualitas Tidur Pada Komunitas Game Online Mahasiswa Teknik Pada Elektro Universitas Diponegoro(Skripsi).http//eprints.undip.ac.id

Rosa Gemala Santri, (Juni, 2016). Pengaruh Game Online terhadap Mahasiswa.

Proposal Penelitian di Universitas Gunadarma.

Saputra Rahmat Andi .2017. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Usia 13-16 Tahun di Warnet Wilayah Kebumen.(Skripsi).http://elinstiemuhgombong.ac.id

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittaif, dan R &D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.

Susanto, Rieka Ellyasari. (2010). Dampak Penggunaan Game Online Di kalangan

Mahasiswa. Di Universitas Sebelas Maret. hal 25

Syam, Nina. 2012. Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syukurbarru.blogspot.com.2013-03-jenis-jenis-pendekatan-dalam penelitian.html.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Ulfa Mimi, “Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja di mabes Game Center Jalan HR. Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru”. 1 Februari 2017, hal. 1..

Wiguna Ganda Yogi, Yohanes Kartika Herdiyanto. 2018. Coping pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online. Journal psikologi Udayana. Volume 5, No 3: 673

Young, 2017. Bermain games terlalu lama. http://digilib.unisayogya.ac.id/688/1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Indexed by:

Connect with your Academic Account:

Dedicated to:

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +6281322999987 
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail:bkt@fkip.unpatti.ac.id., bkt.jurnal@gmail.com | cc: jeaneteophilia@gmail.com

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.