PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SALATIGA

Silviana Winty Wongarso

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap perilaku disiplin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian inferensial dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Sederhana (Sugiyono, 2010). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 131 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa nilai dari Adjusted R squarenya adalah 0,013 yang berarti 0,13%, jadi dapat dilihat bahwa motivasi belajar hanya memberikan sumbangan sebesar 0,13% untuk perilaku disiplin siswa dan untuk 99,87% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk hasil Anovanya diketahui bahwaF hitung = 2.75 dan F tabel = 3.94. Oleh karena nilai F hitung lebih kecil dibandingkan dengan F tabel (2.75<3.94) dan untuk untuk tingkat probabilitasnya 0.99 sehingga lebih besar dari 0.05 (0.99>0.05) jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh maka dapat dikatakan juga bahwa motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku disiplin.

 

 


Keywords


Motivasi Belajar, Perilaku Disiplin

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Al Amin, Nasiruddin. 2010. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Nurul Islami Semarang Tahun Ajaran 2009/2010.

Ali, M. 1995. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Amrina, Puspa. 2012. Pengaruh Bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 31 Samarinda. Skripsi (Online). Diunduh: 28 Juli 2016. Samarinda: Iniversitas 17 Agustus 1945. http://ejurnal.untag-smd.ac.id.

Anitah, Sri,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi VI). Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: BinaAksara.

Azwar, Saifudin. 2007. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

____________. 2000. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

____________. 2007. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dolet Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Hurlock, Elizabeth B. 2006. Perkembangan Anak Jilid 2. Penerjemah: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Izati, Atina. 2012. Hubungan antara Konsep Diri dan Kemandirian Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2009 & 2010 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Tahun Akademik 2011/2012.

Masrun, dkk. 1986. Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk di Tiga Suku Bangsa ( Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Mustikaningrum, Apfia. 2017. Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.

Natawijaya, Rachman. 2003. Strategi Pembelajaran: Jakarta: PT Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008. Tentang Wajib Belajar.

Prastika, Dewi. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Siswa Kelas XI IPA,I, III dan IV SMA N 3 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016.

Pratutik. 2013. Hubungan motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKN pada Siswa kelas VII SMP N 1 Kranggan Temanggung.

Ravik Karsidi. 2008. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Pudjiwati, Tutik. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Kristen Purwodadi.

Putra, Farhan Rahmanda. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan

Analisis UU No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).

Setyowati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang.

Sugiyono. 2004.Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: CV Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suherman. 2000. Buku SakuPerkembangan Anak. Jakarta : EGC.

Sukadji, Soetarlinah. 2002. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (Direvisi dan Dilengkapi).Depok : Universitas Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2003.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alvabeta

Saiman. 2008. Perbedaan Tingkat Kemandirian Remaja Akhir Berdasarkan Tipe Kepribadian (ekstrovert-Introvert. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tagela, Umbu.2006. Kepemi9mpinan Suatu Problematik Teori dan Praktek. Salatiga: Widyasari Press

Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Unarjan. 2002. Manajeman Disiplin.Jakarta : PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wibowo Ari. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Wijayanti, Dwi Endah. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangawen Kabupaten Demak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v4i2.1116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Indexed by:

Connect with your Academic Account:

Dedicated to:

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +6281322999987 
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail:bkt@fkip.unpatti.ac.id., bkt.jurnal@gmail.com | cc: jeaneteophilia@gmail.com

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.