Efektivitas Model Konseling Teman Sebaya Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Rusnawati Ellis, Neleke Huliselan, Rahmat Fitrah Tuasikal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model konseling teman sebaya untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa FKIP Universitas Pattimura. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Penetuan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah 40 mahasiswa yang kategori tinggi dan sedang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic paired- sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model konseling teman sebaya efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa, hal ini dilihat dari hasil uji antara pretest dan post test diperoleh nilai t hitung (10.020) > t tabel (2.023)  dengan tingkat signifikansi 0.000 maka H0 di tolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan rata-rata  perilaku prokrastinasi akademik antara kelompok sebelum diberi perlakuan dan kelompok sesudah diberi perlakuan.


Keywords


konseling teman sebaya; perilaku prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Procrastination and Mathematicts Achievement of University Undergraduate Student”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. No. 3. Vol 4. Hal. 363-367

Azar, F. S. (2013). Self Efficacy, Achievement Motivation, and Academic Procrstination as Predictors of Academic Performance. US-China Education Review, 3, 11, 847-857. ISSN 2161- 6248.

Carr, R.A. (1981). Theory and Practice of Peer Counseling. Ottawa : Canada Employment and Immigration Commission.

Chu, A. H. C., & Choi, J. N. (2005). Rethinking procrastination: Positive effects of “active” procrastination behavior on attitudes and performance. Journal of Social Psychology, 145(3), 256–264.

Corey, G. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. (7’th eds.). Canada : Brooks/Cole.

Cowie, H., dan Wallace, P. (2000). Peer Support in Action: From Bystanding to Standing By. London : Sage Publications.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Ghufron, M. Nur & Rini R.S. (2010). Teori–teori psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Gladding, Samuel T. (2012). Konseling (Profesi yang Menyeluruh). Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Haycock, L. A., McCarthy, P., & Skay, C. L. (1998). Procrastination in college students: The role of self-efficacy and anxiety. Journal of Counseling and Development, 76(3), 317–324.

Klassen, R. M., Krawchuk, L. L., & Rajani, S. (2008). Academic procrastination of undergraduates: Low self-efficacy to self-regulate predicts higher levels of procrastination. Contemporary Educational Psychology, 33(4), 915–931.

Santrock, J.W. (2009). Life-Span Development. Twelfth Edition. Boston : McGraw-Hill Companies.

Schouwenburg, H. C., Lay, C. H., Pychyl, A. T., & Ferarri, J. R. (2004). Counseling the procrastinator in academic setting. Washington DC: APA.

Schraw, G., Wadkins, T., & Olafson, L. (2007). Doing the things we do: A grounded theory of academic procrastination. Journal of Educational Psychology, 99(1), 12–25.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Jurnal of Counseling Psychology, 31, 504–510.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94.

Suwarjo (2008). Model Konseling Teman Sebaya Untuk Pengembangan Pengembangan Daya Lentur (Resilience): Studi Pengembangan Model Konseling Teman Sebaya Untuk Pengembangan Pengembangan Daya Lentur Anak Asuh Panti Sosial Asuhan Anak Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Disertasi : Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan

Tindall, J.D. and Gray, H.D. (1985). Peer Counseling: In-Depth Look At Training Peer Helpers. Muncie : Accelerated Development Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +62811-4378-333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: bkt@fkip.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.