STUDI LITERATUR: FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Restu Amalianingsih, Herdi Herdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan program bimbingan dan konseling di Sekolah Menegah Kejuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan kajian pustaka. Kajian pustaka adalah kegiatan yang meliputi mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian dan bahan pustaka yang memuat teori-teori yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam penyelenggaraan program layanan bimbingan dan konseling yaitu dukungan kepala sekolah, kompetensi konselor, sertifikat dan akreditas serta kredensial. Sedangkan indikator dari faktor penghambat antara lain, (1) Dasar penyusunan program dan isi program, (2) Sarana dan prasarana, (3) Kemampuan petugas (latar belakang pendidikan), (4) Petugas bimbingan dan konseling mempunyai peranan sesuai dengan sifat dan kemampuan fungsional disekolah (guru mata pelajaran, staf administrasi, wali kelas, kepala sekolah).


Keywords


Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Program Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Amti, P. &. (1999). Dasar – dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Bhakti, C. P. (2017). Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa.

Dina Rahmawati Hapsyah, H. H. (2019). Factors Affecting the Problem of Guidance and Counseling Service Programs in High Schools. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 06 (2).

George Davy Vera, D. J. (2015). Educating counseling and guidance professionals from a pedagogy perspective: experiences from a Latin American undergraduate academic program. Education Vocation and Guidance.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 3, No. 2, Desember.

Kartadinata, S. (2005). Arah dan Tantangan Bimbingan dan Konseling Profesional: Proposisi, Historik-Futuristik dalam Pendidikan dan Konseling di Era Global. Bandung: Rizki.

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sma. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling.

Marham. (2017). Manajemen Kinerja Pembelajaran Guru Sma Negeri 1 Pasui Kabupaten Enrekang. Eklektika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Pendidikan Vol 1 No 1.

Permendikbud, P. M. (Nomor 111 Tahun 2014). Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendiknas, P. M. (Nomor 27 Tahun 2008). Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor.

Prof. Dr. Syafaruddin, M. d. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Telaah Konsep, Teori Dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Sari, E. R. (2013). Resistor Factor Implementation Guidance and Counseling Program in High School of The Metro city. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa Smk. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +62811-4378-333
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail: bkt@fkip.unpatti.ac.id

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.