IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERMASALAHAN KETENEGAKERJAAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI

Josef Papilaya

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, karena melalui pendidikan kita akan memiliki ilmu pengetahuan yang akan menjadikan generasi-generasi yang cerdas dan unggul. Pendidikan juga adalah pondasi kemajuan peradaban suatu bangsa, dimana jika mutu pendidikan suatu bangsa baik maka kualitas suatu bangsa itupun baik.

Tujuan penelitian ini adalah :1) Memperbaiki dan meningkatkan kualitas isi, masukan, proses dan  hasil pembelajaran. 2) Menumbuh-kembangkan budaya meneliti para pendidik agar lebih proaktif mencari solusi terhadap permasalahan pembelajaran ;3) Menumbuhkan dan meningkatkan produktivitas meneliti para pendidik, khususnya dalam mencari solusi masalah-masalah pembelajaran. 4) Meningkatkan kolaborasi antar pendidik dalam memecahkan masalah pembelajaran Pada siklus 1 pembelajaran telah berjalan dengan baik walaupun dalam keterlaksanaan model pembelajaran tersebut masih sering didapati siswa yang belum mengerti dan melaksanakan langkah-langka pembelajaran dengan tepat. Walaupun demikian, prosentase pelaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus 1 mencapai  72,04 % dan keterlaksanan pembelajaran oleh siswa mencapai 87, 34 % dengan  kriteria sangat baik.

Pada siklus II keterlaksanan pembelajaran oleh guru maupun siswa telah berjalan dengan baik dibandingkan pada siklul pertama  karena kekurangan yang ditemukan pada siklus pertama dijadikan bahan evaluasi untuk diperbaiki pada siklus II. 

Persentase keterlaksaan pembelajaran oleh guru pada siklus II meningkat menjadi 78,07% dan keterlaksaan pembelajaran oleh siswa, motivasi meningkat menjadi 94,98 %.  Dengan kriteria sangat baik.    


Keywords


Model STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeny, 2013. Pdengaruh Motivasi Mengajar dan LIngkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar, Bandung FRemaja Rosdikarya.

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi.2012.Model,Media dan Evaluasi Pembelajaran Matematika.Surakarta:UNS

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . 2011 . http://www.sarjanaku.com (24 September 2018)

Paul M La Bounty dkk . 2011 . International Society of Sports Nutrition position stand: meal frequency.springer.com (20 September 2012)

Harsono, 2009. Guru Prefesional, Menguasai Metode dan Keterampilan Mengajar, Jogjakarta

Kanisius

Hariyanto, 2105, Implementasi belajar dan Pembelajaran , Bandung Remaja Rosdakarya.

Irma Pujiati . 2008 Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1

Mega Irhamna. 2009 . Cooperative Learning dengan Model STAD pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Delitu. Jurnal Penelitian Kependidikan , Tahun 19,Nomor 2, Oktober 2009

Mappease, 2009. Pengaruh Cara dan MOtivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar, UTHM.

Nanik Pudjowati . 2009 . Implementasi Model STAD (Student Teams Achievement Divisions ) SebagaiUpayaPeningkatanApresiasi HAM PadaPesertaDidikKelas VII SMP 1. JurnalLemlit, Volume 3, Nomer 2, Desember 2009

Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru .Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Indexed by:

Connect with your Academic Account:

Dedicated to:

Published by:

Pattimura University
Address: Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education Science (FKIP). 
Jl. dr. Tamaela, Ambon - Mollucas -Indonesia
Ph. +6281322999987 
Home page: http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/index
e-mail:bkt@fkip.unpatti.ac.id., bkt.jurnal@gmail.com | cc: jeaneteophilia@gmail.com

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.