FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI DI KAMPOENG KOPI BANARAN
Abstract
Semakin banyaknya kafe yang menjual minuman kopi membuat pelaku usaha harus melakukan berbagai macam cara untuk mempertahankan konsumen agar tidak beralih ke kafe lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian minuman kopi di Kampoeng Kopi Banaran. Variabel independen meliputi faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis serta variabel dependen yaitu perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah sampel yang ditetapkan adalah 50 responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden yang meminum minuman kopi dan data sekunder diperoleh dari studi literatur pada buku, internet, skripsi dan jurnal. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda diolah dengan Sofware EViews 9.0. Hasil penelitian menunjukan dari ketiga variabel independen terdapat dua faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis. Faktor pribadi merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian minuman kopi di Kampoeng Kopi Banaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Charina, Deassy. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Malabar Mountain Café Kota Bogor”. Skripsi. Bogor: Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Kusmirayati dan Karnadi. 2015. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Produk Kopi Susu Instan Merek Torabika (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi UNARS)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 13 (1): 76-94.
Marbun Izriyani Irsa, Ginting. R., Emalisa. 2014. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Kopi Luwak Bermerek di Kota Medan”. Journal On Social Economic and Agribusiness. Vol 3 (6): 1-14.
Munandar. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Kopi Espresso”. Jurnal Visioner dan Strategis. Vol 6 (1): 1-9.
Priyono, Eddy. 2006. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Kafe di Kota Surakarta”. Jurnal BENEFIT. Vo 10 (1): 49 – 65.
Savira, R, D dan Prihtanti, T, M. 2019. “Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan”. Jurnal Agribisnis Kepulauan (AGRILAN). Vol 7 (2): 164-180.
Sekararum, Atiqah Rr. 2017. “Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Kopi di Kota Depok”. Skripsi. Jakarta: Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukarno, G dan Nirawati, Lia. 2016. “Kontribusi Human Capital dan Customer Capital dalam Menggapai Kinerja Café dan Resto di Surabya”. Jurnal Ilmu Sosial. Vol 15 (2): 137-149.
DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v8i2.970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Template Jurnal Agrilan :
Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :
Connect with your Academic Account:
Plagiarism Chek by :
Reference Management Tools :
Assosiation With :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.