TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SAYURAN SEGAR LOKAL DAN IMPOR DI PASAR MODERN KOTA AMBON

Maisie T. F. Tuhumury, Weldemina B. Parera

Abstract


Keberadaan pasar modern dengan  tawaran berbagai jenis sayuran serta kebersihannya belum tentu menjamin konsumen kembali berbelanja di pasar modern tersebut. Penilaian konsumen terhadap atribut produk sayuran serta kepuasan konsumen terhadap produk yang dibeli menjadi penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran segar lokal dan sayuran segar impor di pasar modern kota Ambon. Teknik pengambilan sampel menggunakan  non probability  sampling  diikuti metode judgement sampling terhadap 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kedua produk tersebut berada pada kategori puas dimana kepuasan terhadap sayur impor  lebih tinggi dibanding sayur lokal masing-masing 79,82% dan 77,48%.


Keywords


Atribut; kepuasan konsumen; sayuran impor; sayuran lokal

Full Text:

PDF

References


Anggono, AW. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Kepuasan Pelanggan, dan Komitmen Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di CV. Gunung Mas Refill Surakarta”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fahmi I. 2012. “Sustainable Business Competitiveness: Translating Concept into Practice”. Jurnal Manajemen dan Agribisnis. 9 (1) : -

Irawan, H. 2004. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2001. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall Int. Inc., Ninth Edition. Englewood Cliffs.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks

Mayrowani. 2012. “Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia”. Forum Penelitian Agro Ekonomika. 30 (2): 91-108.

Morgan, R.M. & S.D. Hunt. 1994. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”. Journal of Marketing. 58:20-38.

Nielsen, AC. 2004. Perilaku Konsumen dalam Berbelanja pada Ritel Modern. Jakarta: Penerbit Republika.

Nio, OK. 1998. Daftar Analisis Bahan Makanan. Jakarta: UI Press.

Rahman, A. 2008. “Analisis Kepuasan Konsumen Produk Susu Ultra Milk”. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setyawan, BD. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi pada PDAM Tirta Moedal Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Simatauw, D. W.B. Parera, & M.T.F Tuhumury, 2017. “Pengaruh Kualitas dan Harga Produk Olahan Sagu terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus di Pusat Oleh-Oleh “G” dan “P10” Kota Ambon”. Jurnal Agrilan. 5 (3) : 292-306.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuhumury, MTF. 2013. “The Nature of the Relationship Between Farmers and Buyers in Waiheru Village, Ambon City”. Jurnal Budidaya Pertanian. 9 (1):-.




DOI: http://dx.doi.org/10.30598/agrilan.v7i3.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Template Jurnal Agrilan :                             

                        

 

Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan index by :

        

Connect with your Academic Account: 

Plagiarism Chek by :

   


Reference Management Tools :

Assosiation With :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats